Alat Musik Cello

4 min read

Alat Musik Cello

Alat Musik Cello- Musik ialah ilmu atau seni yang menyusun suatu nada atau suara yang diutarakan, dikombinasikan dan dihubungkan dengan ketukan tempo untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan serta kesatuan, nada atau suara yang disusun dengan rapih dan apik sehingga mengandung irama, lagu dan mengandung keharmonisan didalamnya, terutama yang menghasilkan bunyi-bunyian.

Selo merupakan alat musik yang sangat populer dalam banyak segi contohnya sebagai instrumen tunggal, dalam musik kamar, dan juga sebagai pondasi atau kaki dalam suara orkestra modern. Ukuran selo masih lebih kecil dari pada kontrabas.

Nah, kali ini saya akan jelaskan mengenai alat musik cello secara spesifik dan lebih detail, berikut penguraiannya.

Sejarah Alat Musik Cello

Sejarah Alat Musik Cello
pixabay.com

“Sebutan untuk pemain cello adalah cellis”

Kata Cello bermula dari kata “violcello” yang kini disingkat menjadi cello,  violoncello merupakan bahasa yang berasal dari Italia yang mempunyai arti “violine kecil”. Violone adalah suatu instrumen kuno, sebuah viol besar yang hampir sama dengan bass modern. Tetapi dalam bahasa Indonesia pengucapannya pun sama dengan cello atau selo, yaitu alat sebuah alat musik gesek yang merupakan anggota dari keluarga biola.

Cello adalah alat musik yang sangat terkenal dalam berbagai aspek, karena dapat dijadikan inti atau pondasi dalam orkes modern dan musik kamar yang merupakan instrumen tunggal.

Musik klasik Eropa adalah musik yang paling lekat dengan alat musik cello. Cello merupakan salah satu puing dari orkesta standart dan memberi efek suara bass atau suara besar dalam sebuah kuartet gesek. Sejumlah besar sonata dan concerto persepsinya telah diubah, alat musik ini sekarang bukanlah hal yang wajar untuk musik pop, tetapi pernah diperlihatkan kedalam rekaman-rekaman jenis musik rock.

Cello adalah salah satu alat musik gesek yang cara memainkannya dengan cara dipetik. Bila sebutan untuk para pemain biolaadalah violin maka untuk para pemain cello disebut dengan sebutan Cellis.

Pembuatan Cello

Pembuatan Cello
pixabay.com

Berbeda dengan pembuatan alat musk tifa, Bahan yang digunakan untuk pembuatan alat musik cello ini biasanya terbuat dari kayu, walaupun saat ini sudah banyak sekali jenis cello yang terbuat dengan serat karbon. Cello tradisional terbuat dari kayu spruce untuk bagian atas dengan maple untuk cello bagian belakang, sisi, dan lehernya, Kayu-kayu yang lain, seperti wiloow dan poplar, Jika bahan mengalami kekurangan kadang-kadang menggunakan untuk bagian belakang atau sisinya.

Dan biasanya dawai-dawai cello modern terbuat dari baja, usus, nilon atau bahan-bahan inti sintetis yang lainnya, yang dilapisi oleh berbagai macam gulungan logam.

Penggunaan Alat Musik Cello

Penggunaan Cello
pixabay.com

Dalam memainkan dan menggunakan alat musik pasti sudah ada aturan-aturan tertentu, aturan-aturan tersebut bertujuan untuk mempermudah para pemain agar dapat bermain dengan baik, Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana penggunaan dalam memainkan alat musik cello.

Memegang Cello

Memegang alat cello
pixabay.com

Berikut ini ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan dan diperhatikan saat memainkan alat musik cello.

  1. Ambillah alat cello anda dan letakkan sudut lekukan bagian belakang cello pada bagian dalam lutut kaki kiri anda.
  2. Lalu sandarkanlah bagian belakang badan cello di dada anda
  3. Selanjutnya tempelkan kaki kanan anda pada sisi kanan cello namun tidak menjepit lakukan dengan perlahan
  4.  Setelah itu aturlah panjang pendeknya tongkat penyangga (end pin)
  5.  Setelah anda merasa nyaman barulah anda dapat mainkan cello tersebut.

Posisi Pemain

Posisi pemain alat musik cello
pixabay.com

Hal yang tidak kalah penting yang harus dilakukan para pemain alat musik ialah bagimana caranya agar para pemain merasakan nyaman dan tenang saat memainkannya. salah satunya yaitu bagaimana cara duduk yang ideal bagi pemain cello, cara yang ideal adalah ketika badan anda sudah berada dalam keadaan seimbang dan tidak ada bagian tubuh yang kaku, seperti:

  1. Duduk di bagian depan kursi (sepertiga bagian depan),
  2. Pandangan lurus ke depan,
  3. Berat badan anda dibuang di ujung tulang ekor belakang,
  4. Kaki kanan anda tegak lurus ke depan
  5. Arahkan kaki kiri anda sedikit lebih maju dari kaki kanan anda sehingga membentuk sudut 45-60derajat. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga keseimbangan tubuh anda terutama untuk menopang cello.

Memegang Penggesek Cello

Alat gesek cello
pixabay.com

Seorang pemain dikatakan sudah berkualitas dan mumpuni dibidangnya dapat dilihat bagaimana cara pemain tersebut menggunakan tekhniknya, sudah benar atau masih salah. Hal ini sangat penting bagi setiap pemain karena tekhnik akan mempermudah para pemain dalam memainkan alat musiknya.

Berikut ini penjelasan mengenai bagaimana memegang penggesek pada cello yang benar:

  1. Peganglah penggesek (bow) dengan tangan kiri anda dan letakkan dawai D/G.
  2. Lalu tangan kanan anda diletakkan di sisi badan dengan rile
  3. Setelah itu angkat dengan perlahan-lahann tangan kanan anda dan peganglah pangkal penggesek dengan tiga jari saja, diantaranya yaitu ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah. Dua jari lainnya yang tersisa (jari manis dan kelingking) hanya ditempelkan saja pada pangkal penggesek cello.
  4. Lalu, lepaskanlah tangan kiri anda perlahan-lahan sambil tangan kanan anda menarik dan menekan penggesek pada dawai. Lakukan hal ini berulang-ulang sambil mengontrol tiga jari yang memegang penggesek.
  5. Jika tangan kanan tidak nyaman memegang penggesek terus berlatih agar terbiasa untuk melakukannya.

Menggesek Cello

Menggesek Alat musik Cello
pixabay.com

Setelah melakukan hal diatas dengan baik dan sudah merasa nyaman, langkah selanjutnya yaitu menggesek alat musik cello. Mulailah menggesek dawai G  kemudian C dan D, kemudian dawai A. Lakukanlah hal itu secara berulang-ulang dan terus-menerus agar anda terbiasa dan mahir.Dan hal yang tidak kalah penting adalah para pemain sebaiknya memperhatikan urutan latihan tersebut terutama untuk para pemula.

Menekan Dawai

Dawai alat musik cello
pixabay.com

Hal yang sangat ditunggu-tunggu untuk para pecinta cello ialah mulai perkenalan dengan dawai-dawai dari cello tersebut. Dalam hal ini para pemain juga tidak boleh sembarangan dalam memainkannya harus sesuai dengan aturan dan tekhnik yang ada.

Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana cara menekan dawai pada alat musik cello:

  1. Cara yang pertama yaitu dengan menekan dengan memukul
  2. Dan yang kedua yaitu dengan cara melepas dengan memetik.

Perawatan

Perawatan pada cello
pixabay.com

Alat musik cello ini sebaiknya dijaga dan dirawat dengan baik agar kulitas bunyi dan suara semakin hari semakin membaik. Mengapa demikian? Karena pada umumnya alat musik akustik pada umumnya apabila mendapatkan perawatan yang seharusnya maka alat musik ini akan menghasilkan suara yang lebih bagus dan membaik.

Berikut ini hal yang harus dilakukan agar kualitas cello anda semakin membaik.

Cello yang dibaru dibuat masih memiliki bahan kayu yang masih basah atau belum terlalu kering, oleh karena itu cello perlu dijemur dibawah sinar matahari untuk membantu mengeringkan kayu yang belum kering secara sempurna.

Bersihkanlah dengan teratur bagian yang terkena hars atau rosin yang menempel pada dawai cello.

Simpanlah alat musik cello anda dilemari khusus yang memang tersedia untuk penyimpanan alat musik, serta tak lupa sediakan kotak penyimpanan untuk cello agar cello anda benar-benar terjaga.

Nah itulah penjelasan mengenai alat musik cello, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi para pembacanya.

Terimakasih.

7

One Reply to “Alat Musik Cello”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.