Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Cara Membuat Review Jurnal

4 min read

cara membuat review jurnal

Cara Membuat Review Jurnal- Review jurnal merupakan sebuah text yang dibuat untuk memberikan tinjauan kepada suatu jurnal, dengan tujuan dapat mengetahui kelebihan, kekurangan dan kualitas yang dimiliki oleh suatu jurnal.

Sama halnya dengan sebuah karya tulis sama-sama membuat suatu laporan namun pembahasan kali ini sedikit berbeda, karena dalam mereview jurnal kita tidak perlu lagi memikirkan ide-ide atau poin-poin yang akan kita sampaikan didalam materi.

Yang perlu dilakukan ialah membaca dan menilai serta menarik kesimpulan dari apa yang sudah kita baca dalam suatu karya tulis. Diibaratkan dengan merensensi buku, namun mereview jurnal ada struktur tersendiri dalam mengerjakannya.

Berikut penjelesan bagaimana cara membuat review jurnal yang baik dan benar.

1. Review Pada Jumlah Halaman

membuat review jurnal pada jumlah halaman
pixabay.com

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat mereview jurnal adalah jumlah halaman karya tulis yang anda review, mengapa demikian?

Karena hal tersebut dapat ,membantu anda dalam menentukan isi dan pembahasan yang akan kamu telaah.

Anda disini juga dituntut untuk menjelaskan mengenai jumlah halaman pada jurnal yang anda review tersebut. Jelaskan secara detail mengenai karya tulis yang anda review salah satunya yaitu jenis kertas karya tulis yang anda review.

Jika anda masih pertama dan dalam tahapan belajar untuk mereview jurnalm pilihlah jumlah halaman yang sedikit karena hal ini akan mempermudah anda untuk menyelesaikan tugas-tugas anda.

Nah ini adalah salah satu tips agar mempermudah anda bagaimana cara membuat review jurnal untuk menyelesaikan tugas-tugas anda.

2. Membuat Pembuka

Membuat Pembuka Pada Review Jurnal
pixabay.com

Anda dapat menuliskan mengenai pembuka seperti biasa pada umunya seperti ucapan puji syukur, rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan juga dapat menuliskan beberapa masalah namun anda dapat melewatinya dengan adanya bantuan pihak – pihak yang membantu. Berikut contoh pembukannya seperti dibawah ini:

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT. Tuhan YME yang telah memberikan saya waktu dan tempat untuk menyelesaikan review saya mengenai Jurnal ini. Dan saya ucapkan terima kasih kepada pihak – pihak yang telah membantu saya (sebutkan orang yang telah membantu review jurnal anda) (anda dapat mengurangi penggunaan kata atau mengembangkannya sesuai dengan kemampuan anda)

3. Membuat Daftar Isi

Membuat Daftar Isi pada Jurnal
pixabay.com

Buatlah daftar isi pada jurnal yang anda tulis agar mempermudah para pembacanya. Dan fungsi dari daftar isi adalah sebagai alat bantu yang memudahkan pembaca untuk menemukan sub-sub dan bagian-bagian tertentu.

4. Membuat Judul

Membuat Judul Pada jurnal
pixabay.com

Dalam tahap ini anda tidak boleh sembarangan dalam menulis judul atau bisa dibilang jangan ngasal, karena tugas anda hanyalah mereview sebuah karya tulis yang dituntut untuk menilai kelebihan, kekurangan dan kualitas karya tulis itu sendiri.

Isilah judul sesuai dengan yang tertera didalam karya tulis tersebut jangan ada sedikitpun kata yang dimanipulasi apalagi sampai diubah itu akan berakibat fatal pada hasil review anda.

5. Membaca Poin-poin Penting

Membaca poin penting pada jurnal
pixabay.com

Hal yang tidak kalah penting ialah membaca poin-poin penting saat anda akan membuat review jurnal, mengapa demikian?

Ya, karena kalau dalam mereview jurnal anda harus memahi benar-benar apa yang ada didalam karya tulis tersebut, agar hasil review jurnal anda memang benar-benar berkualitas. Dengan membaca poin-poin penting nada juga dapat mengefisiensikan waktu dari pada anda harus membaca keseluruhan karya tulis yang ingin anda review.

Ini juga salah satu indikator penting yang perlu anda ingat agar hasil review jurnal anda memiliki kualitas yang baik.

6. Keterangan Jurnal

Keterangan Jurnal
pixabay.com

Cara membuat review jurnal tidaklah sama dengan membuat sebuah proposal yang mengharuskan anda untuk memiliki sebab untuk mewujudkan hal-hal tersebut.

Langkah selanjutnya dalam membuat review jurnal ialah membuat keterangan jurnal, tuliskan keterangan jurnal dengan:

  • Gaya Penulisan
  • Nama Penulis
  • Alamat Email
  • Penerbit dan tahun terbit Jurnal.

Selanjutnya terangkan secara detail dan terperinci mengenai nkata-kata yang ada di dalam karya tulis tersebut, tujuannya agar anda terlihat lebih teliti dalam mereview sebuah jurnal.

7. Perkenalkan Jurnal

Memperkenalkan jurnal
pixabay.com

Perkenalkan Jurnal dengan menuliskan:

  • Buku ini banyak di baca atau
  • Betapa populernya jurnal ini.

perkenalkan juga penulis bacakan mengenai prestasi si penulis jurnal jika ada tulis juga tentang tempat pembuat jurnal tersebut dengan kalimat yang menampilkan betapa baguskan jurnal tersebut untuk kalian lakukan review.

8. Sumber Jurnal

Sumber referensi jurnal
pixabay.com

Tuliskan secra lengkap mengenai sumber jurnal yang kalian dapat dari mana dan bagaimana cara kalian untuk mendapatkan jurnal tersebut secara detail dan terperinci.

Tujuannya yaitu agar isi dari materi yang nada buat akan semakin berkualitas dan dipercaya oleh para pembaca-pembacanya, jiak para pembaca merasa puas dengan review yang anda buat maka anda sudah memiliki kuaitas yang baik.

9. Isi Review Anda

Isi review Jurnal
pixabay.com

Nah saat disini anda dapat menulis secara singkat, padat dan lugas mengenai apa saja yang ada pada jurnal tersebut seperti informasi dan juga tata cara yang diperoleh dari jurnal.  Karena itu saya menuliskan pada pembahasan diatas mengenai poin-poin penting pada jurnal tersebut ” tujuannya agar cepat dalam pengerjaan isi dari review anda mengenai jurnal tersebut.

10. Kesimpulan

Kesimpulan Pada review jurnal
pixabay.com

Tuliskan apa saja yang kamu dapat dari karya tulis tersebut, paparkan dengan jelas kelebihan dari karya tulis tersebut dan paparkan sedikit saja kekurangan karya tulis tersebut agar si penulis tidak merasa dijatuhkan dan dengan demikian anda sudah menunjukan bahwa review jurnal yang anda buat sudah berkualitas.

11. Penutup

Penutup
pixabay.com

Buatlah penutup yang berkesan dan bagus agar dapat menyetuh hati si pembaca atau pendengar yang sedang membaca hasil review anda.

Dan pastikan penutup disampaikan dengan kata-kata yang sopan serta jelas agar pembaca juga merasa mereka sangat dihormati walaupun hanya lewat media tulis.

Agar lebih faham mengenai cara membuat review jurnal akan saya paparkan satu contoh mengenai review jurnal. Berikut penjelasannya.

Contoh Review Jurnal

Contoh Mereview Jurnal
pixabay.com

Berikut saya paparkan dengan jelas contoh review jurnal yang sudah sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditentukan ini contohnya.

contoh review jurnal

review jurnal

review jurnal

Contoh mereview jurnal3

Pembahasan

Pada saat anda mereview jurnal hal yang pertama yang harus anda pahami adalah abstrak dari jurnal tersebut, jika anda kurang paham silakan baca kesimpulan dari jurnal tersebut.

Setelah anda paham, silahkan membaca dengan seksama isi jurnal tersebut.

Tujuan penelitian              

Tujuan penelitian dapat anda temui didalam abstrak ataupun menyimpulkan  sendiri dengan cara membaca secara kesemuanya isi jurnal, dan kemudian membuat kesimpulan.                                                          

Subjek penelitian               

Subjek penilitian ini dapat anda temukan didalam abstrak maupun subjek penelitian dari  jurnal tersebut.              

Metode penelitian          

Biasanya, jika anda membaca metode penelitian didalam jurnal, disana akan dijelaskan lebih terperinci. Contoh: seperti metode diatas, didalam abstrak tidak dijelaskan apa itu metode in Vivo, tetapi didalam metode penelitian di jelaskan dengan terperinci.                                                 

Faktor pengaruh             

Faktor yang sangat berpengaruh dapat ditemui didalam abstrak maupun kesimpulan dari  jurnal tersebut.  

Alasan                            

Alasan sebuah penelitian dapat anda temui didalam abstrak dan menyimpulkan sendiri melalui cara membaca secara keseluruhan isi dari jurnal.

Variabel Dependen         

Merupakan variabel  terkait yang berada didalam jurnal.

Variabel Independen     

Adalah suatu variabel yang mempengaruhi variabel dependen. Kedua variabel ini sama halnya seperti subjek mana yang merupakan variabel yang terkait, dan mana yang mempengaruhi adanya variabel terkait tersebut. 

Langkah-langkah           

Langkah-langkah yang tertera berhubungan dengan bagaimana cara jurnal ini melakukan  penelitian. Anda dapat melihat langkah-langkah ini didalam langkah penelitian yang terdapat didalam jurnal, anda dapat menyimpulkan apa saja yang dilakukan oleh peneliti didalam jurnal tersebut, sehingga menghasilkan jurnal tersebut.

Hasil penelitian             

Hasil penelitian dapat anda temui didalam abstrak jurnal maupun kesimpulan yang berada didalam jurnal tersebut. Namun, anda juga dapat menyimpulkan sendiri apa saja hasil yang didapatkan dalam jurnal tersebut.

Kelebihan                     

Kelebihan dalam sebuah jurnal dapat anda lihat dalam metode apa yang digunakan,  sebuah jurnal dapat dikatakan kuat jika ia menggunakan metode yang tepat dan menggunakan dua atau lebih, sehingga terdapat perbandingan antara metode yang satu dengan metode yang lain. Dan akhirnya, akan menemukan hasil yang maksimal. 

Nah itulah pembahasan artikel mengenai cara membuat review jurnal semoga para pembaca dapat mengambil ilmu-ilmu yang tertera diatas dan semoga dapat mengaplikasikannya dnegan baik.

Selamat mencoba.

Terimakasih.

74
Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *