Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Cara Membuat Makalah SMA

4 min read

cara membuat makalah SMA

Cara Membuat Makalah SMA- Makalah merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang didalamnya berisikan suatu pembahasan atau topik-topik tertentu.

Kata makalah tidak asing lagi didengar oleh kalangan pelajar, apalagi pelajar SMA dan Mahasiswa hal ini sudah sangat lumrah bagi mereka. Mereka yang hampir setiap saat harus membuat laporan dan mempresentasikannya didepan umum menjadikan mereka terbiasa akan hal ini.

Anda termasuk salah satu pelajar SMA yang belum menguasai bagaimana cara membuat makalah?

Berikut ini akan saya jabarkan bagaimana cara membuat makalah SMA yang baik dan benar.

Menentukan Topik Pembahasan

menentukan topik dalam membuat makalah
pixabay.com

Hal yang paling utama dikerjakan saat membuat makalah ialah menentukan tema/topik, karena tema dan topik adalah suatu gagasan utama yang harus ada didalam suatu makalah.

Sangat lucu bukan jika membuat suatu makalah namun tidak mempunyai topik pembahasan?

Biasanya kalau para pelajar SMA dalam membuat makalah sudah ada materi-materi tertentu yang sudah diberikan oleh guru kelasnya, kalau begitu anda bisa melanjut ketahap berikutnya dalam pembuatan makalah.

Menentukan Judul Makalah

Menentukan judul dalam membuat makalah SMA
pixabay.com

Setelah anda sudah menemukan atau sudah diberikan tema oleh guru kelas anda hal selanjutnya yang harus anda lakukan ialah menentukan judul yang akan anda buat dalam makalah tersebut.

Jangan sampai salah mengartikan antara tema dan judul ya! Karena kebanyakan pelajar salah mengartikan perbedaan tema dan judul.

Buatlah judul yang semenarik mungkin agar para pembaca sudah tertarik walaupun masih membaca judulnya saja.

Bahan Referensi

referensi makalah SMA
pixabay.com

“Buku adalah jendela dunia”

Ya, kata-kata ini mengarahkan kita untuk selalu banyak membaca agar wawasan dan pengetahuan semakin bertambah dan berkembang dengan baik.

Ketika nada ingin membuat suatu makalah yang sudah jelas tema dan judulnya langkah selanjutnya yang harus anda kerjakan yaitu mencari bahan referensi dari berbagai sumber. Mengapa demikian?

Ya, agar materi yang ada didalam makalah anda itu benar-benar kompleks dan berkualitas, serta isi yang ada didalamnya bisa membuat para pembaca mengambil intisari dari makalah yang anda buat.

Jangan hanya puas dengan satu referensi saja, cobalah untuk banyak membaca dari referensi-referensi lain agar materi yang anda buat didalam makalah menjadi perpaduan materi yang bagus dan enak untuk dibaca.

Menulis Makalah

Menulis makalah
pixabay.com

Membuat makalah hampir sama dengan pembuatan proposal, namun yang membedakan ialah isi dari pembahasannya.

Setelah menemukan referensi dari berbagai sumber saatnya kini anda mulai menulis makalah anda, tulis menggunakan struktur yang jelas dan tulislah dengan memperhatikan EYD. Agar makalah anda semakin terlihat berkualitas.

Mulai dari pendahuluan, isi materi dan penutup semua harus berkesinambungan, jangan sampai pembahasan yang anda buat didalam makalah makin membuat bingung para pembaca, hal ini sangat fatal jika benar-benar terjadi.

Dalam membuat makalah juga anda harus memasukkan data-data yang ada serta memang fakta adanya bukan opini. Anda harus objektif dan teliti dalam mengerjakan hal ini.

Sunting Makalah

Menyunting makalah
pixabay.com

Setelah semua proses sudah dilalui dan makalah anda sudah selesai jangan terlalu terburu-buru untuk mempublikasikan nya atau mengumpulkannya kepada guru kelas anda.

Ditetili kembali serta diperiksa degan baik agar tidak ada kesalahan yang terjadi pada saat anda memberikan makalah anda kepada Guru anda.

Perhatikan benar-benar ejaan dan tanda baca anda agar makalah yang anda buat semakin berkualitas dan dapat menjadi nilai lebih saat anda mengumpulkannya.

Contoh Makalah

contoh makalah SMA
pixabay.com

Setelah membahas bagai mana cara membuat makalah SMA yang baik dan benar kali ini saya akan memberikan satu contoh makalah yang sudah sesuai dengan kaidah dan susunannya. Berikut penjabarannya.

Cover Makalah

Cover merupakan sampul atau halaman yang tampak depan dari makalah yang anda buat, isi cover biasanya meliputi:

  • Logo
  • Identitas penulis
  • Judul materi
  • Tahun terbit

Biasanya cover ini ditulis mengguanakan aturan center (rata tengah) supaya terlihat lebih indah dan rapih.

Berikut ini contoh cover dari sebuah makalah yang membahas mengenai keuangan.

“ DAMPAK NEGATIF DARI PEMANFAATAN GAS MULIA “

MAKALAH

Makalah Ini Dibuat Untuk Memenuhi Syarat Kelulusan Ujian

 

Disusun Oleh

Muhammad Ilyas Bukhori

 

NISN

9979896543

KELAS XII-MIPAᶻ

SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN

 

 SERDANG BEDAGAI

TAHUN AJARAN 2017/2018

Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan salah satu hal yang wajib ada dalam sebuah makalah.

Sesuai dengan namanya, fungsi kata pengantar adalah sebagai pengantar agar pembaca mempunyai pandangan umum serta gambaran terhadap makalah yang anda buat.

Kata pengantar biasanya berisikan rasa ucapan rasa syukur dan rasa terimakasih penulis, peletakan ini bertujuan agar para pembaca mengetahui bahwa dalam menyelesaikan makalah tersebut, penulis atau tim penyusunnya telah melalui banyak proses dan ada pula beberapa pihak yang membantu dalam penyusunan makalah tersebut.

Berikut ini contoh dari kata pengantar.

KATA PENGANTAR

       Puji dan syukur atas kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa . Karena limpahan karunia Nya, saya dapat menyelesaikan makalah KIR yang berjudul “LINGKUNGAN RUSAK AKIBAT DAMPAK SAMPAH NUKLIR”.  Makalah ini bertujuan untuk mempermudah kita untuk memahami tentang dampak yang ditimbulkan oleh sampah nuklir.

Besar harapan saya dengan disusunya makalah ini  kita bisa lebih mudah memahami  tentang bahayanya sampah nuklir. Dan saya juga mengucapkan banyak terima  kasih kepada  semua pihak  yang sudah terlibat  dalam pembuatan  makalah ini. Apa bila ada kesalahan dan kekeliruan dalam hal penulisan nama saya minta maaf dan saya juga menerima saran dan keritikan anda untuk  memperbaiki dan menyempurnakan makalah ini.

Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua, akhir kata saya ucapkan terima kasih.

 

 

Serdang Bedagai,…….. Oktober 2018

Daftar Isi

Daftar isi adalah sebuah halaman yang memuat informasi mengenai halaman dari konten sebuah makalah.

Untuk memudahkan pembaca dalam menemukan informasi tertentu, maka kamu harus memberikan keterangan halaman pada setiap bab maupun sub-bab di makalah kamu.

Contoh daftar isi:

 

contoh daftar isi dalam makalah
mardinata.com

Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bab pertama yang ada pada setiap karya tulis dan berisi jawaban apa dan mengapa dilakukannya penelitian. Di bagian pendahuluan biasanya terdiri dari 3 sub-bab yaitu:

  • Latar belakang
  • Rumusan masalah dan,
  • Tujuan.

Latar Belakang

Berikut ini contoh mengenai latar belakang dalam sebuah makalah.

latar belakang ( makalah)
pratamaiin.blogspot.com

Rumusan Masalah

Berikut ini contoh rumusan masalah yang ada didalam sebuah makalah.

1.2.RUMUSAN MASALAH

Dalam makalah ini kita akan membahas mengenai  dampak yang ditimbulkan oleh limbah nuklir. Dan permmasalahan-permasalahan yang ditimbulkan oleh limbah nuklir diseluruh dunia, serta  bagai mana caranya dunia dalam mengatasi masalah limbah nuklir.

Tujuan

Berikut ini pemaparan tujuan dari makalah.

1.3.TUJUAN DAN MANFAAT PENULISAN

Penulisan makalah ini bertujuan untuk menyelesaikan tugas dari guru bidang studi untuk menyelesaikankelulusan ujian serta berfungsi untuk membantu agar siswa lebih mudah memahami tentang bahaya limbah nuklir bagi lingkungan.

Pembahasan

Pembahasan adalah bagian paling penting dari sebuah ikarya tulis (makalah). Bagian pembahasan ini berisi uraian pokok dari permasalahan yang anda bahas.

Sudah seharusnya, pembahasan yang berada dibagian isi ini harus sesuai dengan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan yang telah anda buat sebelumnya.

Perlu diingat juga bahwa isi biasanya mencakup tentang landasan teori, uraian materi, serta solusi atau penyelesaian dari sebuah permasalahan.

Berikut ini contoh pembahasan yang ada didalam makalah.

Pembahasan dalam makalah SMA
pratamaiin.blogspot.com

Penutup

Bagian penutup biasanya diakhiri dengan Kesimpulan dan saran, hal ini dilakukan agar para pembaca memahami dengan baik materi yang dijelaskan didalam makalah.

Kesimpulan

Berikut ini contoh dari kesimpulan.

KESIMPULAN MAKALAH SMA
pratamaiin.blogspot.com

 

Saran

Beriku ini contoh dari saran.

Saran dalam maklah
pratamaiin.blogspot.com

 

Daftar Pustaka

Cara membuat makalah SMA ynag baik dan benar ialah ketika sudah mempunyai referensi yang banyak jangan lupa mencantumkan berbagai sumber tersebut didalam daftar pustaka.

Referensi yang digunakan bisa berupa buku, jurnal, atau informasi-informasi valid lainnya yang anda dapat. Sertakan sumber-sumber berikut agar makalah yang anda memiliki kualitas tinggi.

Kesimpulan Umum

Kesimpulan dalam membuat makalah SMA
pixabay.com

Dalam pembuatan sebuah karya tulis (makalah), ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk mempermudah dalam penyusunannya serta memperjelas isi dari makalah tersebut.

Selain struktur makalah, penulis juga harus lebih teliti dan memperhatikan tata bahasa serta sumber referensi yang digunakan.

Semoga setelah membaca artikel ini, anda bisa membuat makalah yang anda inginkan dengan benar sehingga isinya bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Terimakasih.

1
Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *