Cara Presentasi Yang Baik

6 min read

Cara Presentasi yang baik

Cara Presentasi Yang Baik- Setiap orang pasti menginginkan hal yang terbaik didalam perjalanan hidupnya, baik itu untuk diri sendiri, keluarga, atau pekerjaan. Lalu hal apa yang bisa dilakukan agar hasil dari proses yang dijalani akan membuahkan hasil yang maksimal?

Pastinya kerja keras dan doa lah yang bisa membawa seseorang untuk mencapai hasil yang maksimal tersebut. Ingat usaha tidak akan pernah membohongi hasil itu faktanya.

Nah kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana sih cara presentasi yang baik itu?

Apa saja sih tips nya?

Berikut penjelasannya.

Persiapan Sebelum Presentasi

Persiapan Presentasi yang baik
pexels.com

Hal utama yang harus anda perhatikan pada saat presentasi ialah bagai mana persiapan anda untuk menjalani presentasi nantinya. Sangat terlihat sepele, namun banyak sekali orang yang gagal serta gugup saat presentasi dikarenakan persiapan mereka kurang matang.

Nah berikut ini penjelasan Persiapan awal yang harus dikerjakan sebelum presentasi.

Latihan Pernafasan

Tekhnik Pernafasan Untuk presentasi
pixabay.com

Seorang presentator pastinya menjadi salah satu sorotan publik, apalagi seseorang tersebut adalah seorang penyaji berita dan data kepada khalayak ramai.

Banyak sekali orang yang tergesah-gesah saat menyampaikan materinya dikarenakan pernafasan yang tidak stabil. Hal ini juga akan berdampak pada kualitas dari presentasi yang disampaikan.

Perbanyaklah latihan nafas dan berbicara agar saat presentasi nafas anda stabil.

Berlatih Kemampuan Berbicara

Berbicara Untuk Presentasi
pixabay.com

Latihan ini sudah teruji dan tidak sedikit orang yang berhasil dalam menggunakan metode ini saat presentasi.

Latihan dengan orang yang anda kenal menjadi salah satu tolak ukur dimana menguji mental anda dalam menyampaikan materi. Hal ini menjadi sangat penting karena berbicara adalah poin yang sangat penting dalam menyampaikan sebuah materi.

Tidak bisa dibayangkan jika pada saat presentasi, anda tidak mampu untuk menyampaikan materi dengan baik di depan audience sangat malu bukan?

Maka dari itu latihan berbicara dengan orang terdekat menjadi salah satu cara yang ampun agar cara presentasi kita berkualitas baik.

Memiliki Konsep Berbeda

Konsep presentasi dengan baik
pexels.com

Hal apa yang biasanya dilakukan oleh presentator saat presentasi?

Ya pasti menjelaskan, membuka dan menjelaskan isi slide powerpoint nya menggunakan LCD kan?

Nah cobalah berfikir untuk membuat sesuatu konsep yang berbeda, agar presentasi yang anda lakukan bernilai tinggi dipandangan audience.

Nah contohnya apa?

Contohnya bisa berupa:

  • Bisa memberikan tambahan ada simulasi drama
  • Memberikan games, kuis cepat-tepat
  • Memberikan animasi atau video mengenai materi agar audience lebih mudah menangkap isi materi.

Sederhana bukan?

Namun hal ini sering kali disepelekan oleh beberapa orang yang menganggap bahwa hal-hal seperti ini tidak terlalu penting dalam sebuah presentasi.

Mengenal Audience, Tempat dan Alat

Mengenal audiece, alat dan tempat presentasi
pixabay.com

Ada suatu saat dimana kita diminta sebagai presentasi dadakan, bisa dibilang ini seorang presentator yang sangat profesional.

Maka anda selaku presentator juga harus mengenali sekeliling anda, dengan siapa anda berinteraksi, alat apa yang anda gunakan untuk menyampaikan materi dan anda juga harus mengenali tempat dimana anda berpresentasi.

Semua hal tersebut akan membuat anda lebih nyaman dalam menyampaikan sebuah materi.

Menguasai Materi Presentasi

Penguasaan materi presentasi dengan baik
pexels.com

Menguasai materi sangatlah penting karena anda harus menyampaikan beberapa poin-poin penting kepada seluruh audience. Jika anda tidak menguasai materi presentasi dengan baik dapat dipastikan tujuan yangn ingin anda sampaikan tidak seratus persen diterima baik oleh para audience.

Memulai Presentasi

Memulai presentasi
pexels.com

Setelah memahami beberapa tips agar presentasi lebih baik dan sukses, sekarang anda mulai mengeluarkan semua jurus andalan anda saat presentasi. Berikut ini adalah penjelasan mengenai trik dan tips saat anda memulai presentasi.

Membuka Dengan Hal-hal Menarik

presentasi dengan hal yang menarik
pixabay.com

Kesan pertama adalah suatu hal yang menentukan dari kualitas presentasi anda. Buatlah kesan yang sangat menarik pada saat presentasi, tidak membutuhkan waktu lama cukup dengan 2-3 menit saja itu sudah cukup.

Jika kesan pertama ini sangat bagus maka peluang keemasan anda bisa dibilang sudah didepan mata. Karena para audience sudah mulai terhipnotis dengan cara anda membawakan presentasi.

Banyak sekali presentasi yang tidak efektif karena presentator kurang efisien dalam membuka presentasi didepan audience.

Membuka Presentasi Dengan Menyampaikan Tujuan

Menyampaikan tujuan presentasi
pixabay.com

Sebagai seorang presentator anda harus pandai dalam mengaplikasikan materi anda di lapangan. Salah satunya yaitu menyampaikan tujuan dari presentasi anda.

Berikan mereka gambaran atas materi yang anda sampaikan, dengan hal ini para audience akan lebih mudah menangkap apa yang anda sampaikan, dan pastinya kualitas dari presentasi anda akan lebih membaik.

Menunjukan Data Presentasi

Data presentasi
pexels.com

Sangat besar sekali pengaruh yang berdampak dari data. Apalagi anda memberikan data-data yang akurat dan fakta mengenai materi anda. Secara tidak langsung para audience akan tertarik dengan materi anda, dan hal ini juga akan menunjang maksud dan tujuan dari presentasi anda.

Trik Sukses Presentasi

Trik sukses presentasi
pixabay.com

Jika pembukaan presentasi anda sudah berhasil dan sukses maka langkah selanjutnya yaitu anda dapat langsung masuk kedalam materi yang ingin anda presentasikan.

Ada beberapa trik yang dapat anda gunakan berikut penjabarannya.

Sampaikan Materi Presentasi dengan Singkat dan Jelas

Penjelasan materi presentasi
pixabay.com

Anda pastinya pernah menjumpai seseorang jika berbicara ataupun presentasi pembahasannya ngalor-ngidul, gimana reaksi anda pada saat mendengarkan hal itu?

Pastinya bosan karena terlalu banyak bertele-tele.

Hal ini juga menjadi perhatian khusus bagi anda sebagai presentator, jangan sampai hal ini terjadi pada saat anda. Karena hal ini dapat menimbulkan efek dari kualitas isi materi yang anda sampaikan.

Maka solusinya agar cara menyampaikan presentasi dengan baik adalah sampaikan poin-poin pentingnya saja. Fokus pada pembukaan dan penutupan presentasi yang anda sampaikan. Mengapa harus fokus pada bagian pembukaan dan penutupan?

Ya, karena hal itu yang sering dan paling diingat oleh kebanyakan audience.

Perlu diingat juga bahwa singkat atau tidaknya presentasi bukan dilihat dari cepat atau lambatnya anda berbicara, namun dilihat juga dari materi yang anda sampaikan kepada seluruh audience. 

Hal yang tidak kalah penting yaitu mengenai slide yang anda tampilkan, pada saat membuat slide usahakan agar isi slide tidak membosankan dan tidak membuat para audience bingung dengan slide anda.

Sama halnya dengan presentasi, bukan hanya cara penyampaiannya saja yang singkat dan jelas, namun slide yang anda tampilkan harus juga demikian.

Tunjukan Antusiasme Pada Saat Presentasi

Antusias dalam presentasi
pixabay.com

Jika anda seorang presentator saja tidak antusias atas materi yang anda sampaikan, bagaimana dengan para audience?

Hal ini perlu diingat oleh setiap orang terlebih khusus anda yang menjadi seorang presentator. Karena mau bagaimanapun jika anda tidak antusias pada materi anda bagaimana para audience berminat untuk mendengarkan apa isi materi anda?

Maka dari itu anda harus menunjukan rasa antusiatisme anda pada saat melakukan presentasi.

Melakukan Kontak Mata Dengan Audience

presentasi yang baik
pixabay.com

Kontak mata menjadi salah satu hubungan sangat penting saat anda melakukan presentasi, apalagi jika audience anda tidak banyak hal ini akan memudahkan anda untuk mengikat para audience.

Namun jangan khawatir jika audience anda terdiri dari beribu-ribu pasang mata, kontak mata ini tetap dilakukan hal ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk menarik p[erhatian dari para audience.

Berkomunikasi Dengan Audience

komunikasi presentasi
pexels.comk

Salah satu cara agar presentasi yang anda sampaikan berkualitas adalah dengan mengajak audience untuk berkomunikasi dengan anda. Tujuannya agar para audience benar-benar mendengarkan apa yang anda sampaikan.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengajak para audience berkomunikasi diantaranya:

  • Melakukan Tanya-jawab dengan audience
  • Menampilkan vidio-vidio terkait dengan isi materi
  • Memberikan simulasi kepada audience.

Menggunakan Bahasa yang Jelas

bahasa yang jelas saat presentasi
pixabay.com

Kebanyakan para presentator ingin terlihat sangat perpect saat presentasi, sifat ini sangat bagus memang dan juga harus dimiliki oleh setiap presentator. Namun jangan sampai anda berlebihan dalam menafsirkan hal ini.

Karena apa?

Karena kebanyakan presentator terlalu banyak menggunakan bahasa yang berat atau bermajas terlalu tinggi. Jangan sampai hal ini menghambat para audience untuk menangkap apa yang anda sampaikan. lebih baik gunakan bahasa yang jelas dan akurat saat anda presentasi.

Kiat sukses mengatasi Rasa Gugup

menghiolangkan rasa gugup saat presentasi
pixabay.com

Tidak dapat terlepas dari setiap orang mengenai rasa gugup ini, hal ini selalu saja menghantui setiap orang saat seseorang hendak melakukan sesuatu hal yang dilihat oleh publik.

Beraneka ragam hal yang dialami setiap orang saat merasakan rasa gugup ini diantaranya:

  • Keringat dingin
  • Sakit perut
  • Gemetar
  • Terasa mual dan mulas
  • Wajah pucat
  • Dan lainnya

Hal tersebut sering kali menghantui setiap orang, itu artinya anda sedang merasakan rasa gugup. Jangan khawatir anda dapat melaluinya dengan tips dibawah ini.

Yakin Dengan Diri Sendiri

yakin saat presentasi
pixabay.com

Yakin dan percaya dirilah atas apa yang anda miliki dan yang ada pada diri anda, hal ini akan membantu anda untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri anda. Hadapi semua dengan senyuman optimis mampu melampauinya dan tunjukan semangat anda saat melakukan presentasi.

Jangan sia-siakan kesempatan yang sudah ada, terus dan terus berusaha memberikan yang terbaik sesuai dengan kemampuan anda, karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan emas seperti anda untuk menyampaikan materi didepan publik.

Minum Air Hangat

Menghilangkan rasa gugup saat presentasi
pixabay.com

Untuk merilekskan diri, anda butuh sesuatu yang menenangkan ya bisa dibilang untuk mentralisirkan kondisi diri anda. Salah satu nya yaitu dengan minum air hangat, bisa berupa teh, kopi, susu dan lainnya.

Hal ini menjadi sangat penting karena air hangat ini secara tidak langsung memberikan asupan untuk diri anda selama beberapa jam kedepan saat anda Presentasi.

Berdoa Sebelum Presentasi

berdoa
mardinata.com

Perlu diketahui bahwa hal yang sederhana ini banyak sekali dipakai oleh setiap orang, bagaimana tidak?

Karena khasiat doa sendiri sangatlah penting dan sakral untuk nasib kita kedepan, berdoa lah dan meminta kepada Allah SWT agar segala urusan anda dipermudah.

Semangat dan tetap semangat serahkan semua kepada Allah SWT dan tetaplah berusaha memberikan yang terbaik.

Penutup Presentasi

penutup presentasi
pixabay.com

Ketika anda sudah selesai menyampaikan maksud dan tujuan dari materi anda hal selanjutnya yaitu penutup. Jangan pernah menganggap sepele hal ini karena para audience biasanya mengambil kesimpulan ketika presentator hendak menutup presentasinya.

Maka hal yang harus dilakukan ialah menarik sebuah kesimpulan dari apa yang sudah anda sampaikan agar para audience memahami dengan baik tujuan dan maksud anda.

Nah, sekarang anda sedang mengetahui tips dan trik bagaimana cara presentasi yang baik, bagi anda yang sudah sering tampil didepan dan menyampaikan materi ini menjadi hal yang sangat mudah.

Namun jika anda masih dalam tahap pemula jangan pernah menyerah dan terus mencoba untuk memulai pembaharuan untuk diri anda.

Apakah sekarang anda sudah siap untuk presentasi?

Semoga dengan menggunakan metode ini presentasi anda akan berjalan dengan baik dan berhasil.

Terimakasih.

1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *