Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Hama Tanaman Cabai

5 min read

Hama tanaman cabai

Hama Tanaman Cabai – Setiap makhluk hidup didunia pasti pernah mengalami penderitaan penyakit, baik itu manusia, hewan maupun tumbuhan, hal ini tidak dapat dipungkiri apalagi dilupakan karena memang sudah menjadi suatu ketentuan bahwa setiap makhluk hidup pasti mempunyai tingkat permasalahan yang berbeda.

Nah kali ini kita akan membahas mengenai penyakit yang dialami oleh tanaman cabai, ya apalagi kalau bukan hama tanaman cabai

Sudah tak asing lagi di telinga para petani mengenai penyakit tanaman ini, karena setiap tumbuhan juga pasti pernah mengalami hal yang sama, yaitu diserang oleh hama.

Nah kali ini akan di bahas beberapa hama tanaman cabai  yang perlu diketahui agar para pembaca nantinya akan mendapatkan solusi atas serangan hama yang terjadi pada tanamanya.

Hama Kutu Daun Persik (MYZUS PERSICAE)

PENAGANAN HAMA TANAMAN CABAI KUTU DAUN PERSIK
caramenanamorganik.blogspot.com

“Hama tanaman cabai jenis ini yang sering datang untuk meresahkan para petani”

karena hama jenis ini menghisap cairan yang ada pada daun dan daun yang terkena serangan hama ini akan menimbulkan bercak-bercak kehitaman, lalu daun akan berubah menjadi keriting dan kering, lama kelamaan daun akan mati.

Hal ini dapat ditandai dengan adanya semut yang banyak berada pada tanaman, dan bisa dipastikan tanaman ini sudah terserang oleh hama kutu daun. 

Mengapa ditandai dengan adanya banyak semut?

Ya, karena hama kutu daun ini menghisap cairan yang ada pada daun dan menghasilkan zat gula dan pada saat itu banyak semut dan cendawan yang berdatangan dan kedatangan mereka lah yang menyebabkan munculnya bulatan-bulatan hitam pada daun.

Selain itu hama jenis ini hama yang paling cepat menular dibanding hama yang lainnya.

Ada 2 penanganan yang dapat dilakukan para petani untuk membasmi hama jenis ini, berikut penjelasannya:

Penanganan Secara Tekhnis

penanganan tekhnis
pixabay.com

 

Penanganan secara tekhnis maksudnya ialah penanganan yang dilakukan dengan manual atau alami, bisa dilakukan sendiri oleh para petani, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Petik daun yang terkena serangan hama
  • Bakar atau pendam daun yang terkena hama tersebut
  • Hindari tanaman cabe yang berdekatan dengan tanaman semangka, melon, kacang panjang dan terong agar tidak meluas penularan terhadap hama cabai
  • Gunakan mulsa perak
  • merawat dan menjaga kebersihan kebun.

Penanganan Secara Kimiawi

Penanganan seacara Kimiawi
pixabay.com

Penanganan yang dilakukan secara kimiawi ialah dengan menggunakan racun atau obat-obatan yang dapat menghilangkan penyakit yang di sebabkan oleh hama.

Biasanya para petani menggunakan obat jenis insektisida berbahan aktif yang mengandung abamektin atau fipronil, diafenthiuron. Penyemrotan lebih baik di lakukan pada waktu sore hari. 

Hama Kutu Daun (APHIDIDAE)

Penaganan Hama Tanaman Cabai Kutu Daun (APHIDIDAE)
pixabay.com

Tak jauh berbeda dari penyakit hama kutu daun sebelumnya, hama ini biasanya sangat banyak dijumpai pada saat musim kemarau.

Bagian tumbuhan yang diserang oleh hama ini ialah bagian daun yang masih muda dan pucuk tanaman/tumbuhan.

Dan dampaknya ialah daun akan mengeriting, mengerut dan melingkar. Akibat serangan hama ini juga tanaman akan menjadi lambat berkembang dan tanaman akan menjadi kerdil.

Hama jenis ini biasanya mengeluarkan cairan manis seperti madu yang akrab dengan sebutan embun madu.

Kerusakan yang diakibatkan hama ini terbilang cukup serius pada beberapa jenis tanaman sayuran seperti, cabai, terong asparagus dan okra.

Selain menyerang tanaman sayur-sayuran, hama jenis ini juga menyerang buah-buahan seperti jeruk, melon dan kapas.

Ada 2 penanganan yang dapat dilakukan berikut pengurainnya:

Penanganan Secara Tekhnis

penanganan hama kutu daun
pixabay.com

Penaganan secara tekhnis ini dapat dilakukan dengan cara menginfestasikan musuh alami sepeti:

  • (Timberlake) parasitoid aphelinus gossypi
  • cresson (Lysiphlebus testacceipes)
  • Neozygites freseni
  • predator coccinella transversalis atau cendawan entomopatogen.

Penanganan Secara Kimiawi

Penanganan kimiawi hama kutu daun
pixabay.com

Penangan untuk membasmi hama tanaman cabai ini dapat dilakukan dengan cara penyemprotan insektisida yang memiliki kandungan  fipronil atau diafenthiuron dan  lebih baik penyemprotan dilakukan pada saat sore hari.

Hama Ulat Grayak (SPODOPTERA LITURA FABRICUS)

Penaganan Hama tanaman cabai Ulat Grayak (SPODOPTERA LITURA FABRICUS)
pixabay.com

Jenis ulat ini merusak tanaman dengan cara memakan daun dari tanaman hingga daun tersebut berlubang-lubang, akibatnya tanaman akan terganggu dan terhambat dalam proses fotosintesis.

Ulat ini bersifat polyfag dan berukuran kecil serta memiliki warna hijau.

Pada saat tertentu ulat ini dapat menghabiskan seluruh daun dari tanaman dan hanya menyisakan tulang-tulang daun saja, hal inilah yang juga membuat para petani harus segera mencari jalan keluarnya.

Dan yang sangat mengejutkan ialah ulat ini juga langsung merusak buah cabai yang sudah ada baik itu cabai yang sudah tua maupun cabai yang masih muda.

Biasanya ulat ini beraksi pada saat kita istirahat yaitu pada malam hari.

Dan pada saat-saat tertentu ulat ini juga melakukan aksinya yaitu pada saat matahari teduh. Ketika matahari terik ulat ini bersembunyi di pangkal tanaman atau di balik mulsa.

Jadi dapat disimpulkan bahwa ketika petani menyemprotkan sebuah racun untuk membasmi ulat, malah ulat ini pergi bersembunyi sehingga ulat bisa lolos dari racun yang disemprotkan.

Ada 2 Penanganan yang dapat dilakukan yaitu:

Penanganan Secara Tekhnis

Penaganan hama ulat grayak
pixabay.com

Untuk membasmi hama tanaman cabai ini yang harus dilakukan ialah dengan mengambil hama ulat ini dari tanaman, cara pengambilan pun lebih baik dilakukan malam hari atau pada saat matahari teduh.

Karena pada saat itu hama ulat-ulat ini berkeliaran untuk memakan dedaunan, atau bisa juga dengan menggunakan perangkap khusus hama ulat tersebut.

Pencegahan sederhana yang dapat dilakukan ialah dengan menjaga kebersihan kebun, parit dan selalu mengecek lubang-lubang pada mulsa karena biasanya hama ini bersembunyi di dalamnya.

Penanganan Secara Kimiawi

Penanganan kimiawi ulat grayak
pixabay.com

Hal yang dapat dilakukan ialah dengan cara penyemprotan apabila serangan hama sudah mulai merabah dan semakin lebar.

Gunakan jenis obat yang memiliki sifat insektisida seperti matador , curacron atau prevathon. penyemprotan sebaiknya dilakukan pada waktu malam hari.

Hama Lalat Buah (BACTROCERA SP)

penanganan Hama tanaman cabai Lalat Buah (BACTROCERA SP)
pixabay.com

Perlu diketahui khususnya untuk para petani, jika buah cabai yang ditanam timbul seperti titik hitam itu disebabkan karena aktifitas lalat buah. lalat ini bertelur di cabai dan telur akan menetas serta akan berkembang biak didaalm buah cabai.

Telur yang menetas akan merusak bagian dalam buah. buah akan berubah warna menjadi pucat, coklat dan menjadi layu, Hal ini pastinya akan berdampak pada tingkat kualitas pada buah cabai.

Biasanya hal ini terjadi pada saat musim penghujan datang, mengapa demikian?

Ya, karena disebabkan oleh adanya tusukan ovarium lalat betina sehingga terkontaminasi oleh cendawan dan buah menjadi rusak, busuk serta rontok ke tanah.

Penanganan Secara Tekhnis

Penanganan tekhnis lalat buah
pixabay.com

Hal yang dapat dilakukan adalah dengan cara pemusnahan buah yang terkena serangan lalat buah, Rotasi tanaman membungkus buah, Memanfaatkan musuh alami seperti Pupa (Biosteres sp. opius sp.), parasitoid larva dan semut.

Penanganan Secara kimiawi

Kimiawi Hama Lalat Buah
pixabay.com

Penanganan yang dapat dilakukan ialah dengan penyemprotan. Penyemprotan dilakukan apabila cara-cara lain tidak dapat menekan jumlah hama. Insekstisida yang dapat digunakan antara lain : Curacorn, Matador, Santoat dan Regent.

HAMA TUNGAU MERAH (TETRANYCUS SP.) DAN TUNGAU KUNING  (POLYPHAGOTARSONEMUS LATUS)

HAMA TUNGAU MERAH (TETRANYCUS SP.) DAN TUNGAU KUNING  (POLYPHAGOTARSONEMUS LATUS)
majulah-desaku.blogspot.com

Tanda-tanda awal yang terlihat oleh tanaman cabai jika terkena hama tungau merah dan tubngau kuning ialah daun mengeriting kebawah, daun yang terkena serangan hama ini menjadi kaku, berubah warna kecokelatan dan dapat mengganggu pembentukan pucuk.

Lama kelamaan daun tanaman cabai yang berwarna coklat itu akan mati. Serangan ganas dari hama jenis ini ialah ketika musim kemarau tiba. Biasanya penyakit yang ditimbulkan oleh hama ini berbarengan dengan hama kutu daun.

Penanganan Secara Tekhnis

Tungau Merah dan Kuning
pixabay.com

Diusahakan area penanaman cabai tidak dekat dengan tanaman singkong. Menjaga kebersihan kebun lebih efektif untuk mengurangi serangan tungau, kita juga dapat memanfaatkan musuh alami hama ini yaitu semut dan laba-laba.

Cabut tanaman cabai yang terkena serangan hama ini, buang pucuk-pucuknya setelah itu alangkah lebih baiknya tanaman dan pucuk-pucuk yang terserang hama di bakar agar hama tidak dapat kembali lagi untuk merusak tanaman.

Penanganan Secara Kimiawi

Kimiawi tungau merah dan kuning
pixabay.com

Penaganan hama tanaman cabai pada tungga berbeda dengan halnya ulat. Untuk tunggau sendiri cara membasminya juga dengan obat tunggau khusus yaitu obat tungau akarisida bukan insektisida seperti :

  • Agrimec
  • Pegasus
  • Samite  atau mitac
  • Demolish
  • Omite
  • Bamex.

HAMA KUTU KEBUL (BEMISI TABACHI)

HAMA KUTU KEBUL (BEMISI TABACHI)
pixabay.com

Serangan dari Hama tanaman cabai jensi ini disebabkan oleh rusaknya jaringan dan sel-sel daun akibat dari serangan serangga dewasa dan nimfa. Pada masa populasi tinggi kutu kubal bisa menghambat dan mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Hama ini juga memilikicairan yang terapat didalam tubuhnya, cairan itu bernama cairan jelaga.

Cairan yang dikeluarkan oleh hama ini dapat menyebabkan jamur jelaga. Cairan jelaga juga dapat menghambat proses fotosintesis pada daun tersebut.

Peralihan inang hama ini juga cukup lebar dan dapat mencapai populasi yang besar dalam waktu yang singkat apabila lingkungan mendukung.

Penanganan Secara Tekhnis

hama tanaman cabai kutu kebul
pixaay.com

Salah satu cara yang ampuh untuk membasmi hama tanaman cabai ini ialah dengan penggunaan perangkap kuning dapat juga dipadukan dengan pengendalian mekanik.

Dengan cara ini diharapkan populasi hama dapat ditekan agar tidak terlalu banyak populasinya dan kerusakan yang ditimbulkan akibat hama ini tidak banyak, sanitasi lingkungan, tumpang sari antara tanaman tegetes dengan cabai, dapat juga menanam jagung disekitar tanaman cabai untuk perangkap.

Penanganan Secara Kimiawi

penanganan hama tanaman cabai kutu kebul
pixabay.com

Penanganan Hama tanaman cabai secara kimiawi tidak bisa terlepas dari yang namanya obat-obatan. Penggunaan pestisida menjadi salah satu cara yang cepat dan ampuh untuk membasmi hama ini. Contoh pestisida yang digunakan seperti:

  • Amitraz
  • Permethrin
  • Fenoxycra
  • Deltametrin
  • Imidacloprid
  • Buprofezin
  • Bifenthrin
  • Asefat
  • Endosulphan.

Itulah pembahasan mengenai Hama tanaman cabai.

Semoga bermanfaat dan bhisa menambah wawasan bagi para pemaca dimanapun anda berada.

Terimakasih selamat mempraktikan.

0
Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *