Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Manfaat Pupuk Phonska

8 min read

Manfaat Pupuk Phonska

Manfaat Pupuk Phonska – Di Indonesia kebutuhan pupuk kimia semakin lama semakin meningkat. Pupuk memang mempunyai peranan yang sangat penting untuk tanaman, baik itu untuk kesuburan tanah atau nutrisi yang harus ada pada tanaman tersebut.

Pupuk Phonska atau pupuk majemuk NPK adalah pupuk yang terdiri dari lebih satu unsur hara utama. Salah satu unsur hara tersebuit adalah NP, NK dan NPK. 

Perlu diketahui juga bahwa pupuk NPK Phonska merupakan salah satu jenis pupuk yang disubsidi oleh pemerintah yang memiliki tarif  harga lebih murah dan terjangkau, sehingga para petani mampu untuk membelinya. 

Ok, selanjutnya saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai  manfaat pupuk phonska.

Manfaat dan Fungsi Pupuk Phonska

Manfaat Pupuk Phonska
bulelengkap.go.id

Pupuk phonska merupakan salah satu pupuk yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Mengapa demikian?

“Karena pupuk phonska merupakan salah satu pupuk majemuk yang berasal dari beragam unsur” 

Pupuk ini mempunyai peranan penting sekaligus fungsi yang berbeda hal tersebut bisa dilihat dari masing-masing unsur hara yang ada dalam kandungan pupuk phonska. 

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pupuk ini mempunyai manfaat yang beragam sekali untuk tanaman. 

Berikut penjelasan mengenai manfaat pupuk phonska bagi tanaman:

  1. Batang tanaman akan semakin kuat sehingga tanaman tidak bakalan mudah roboh
  2. Bisa memperbesar ukuran umbi, buah dan juga biji
  3. Mampu mempengaruhi proses pembentukan buah dan juga bunga
  4. Dapat mempengaruhi daya tahan tanaman akan kekeringan pun semakin meningkat
  5. Kekuatan daya tahan tanaman akan kekeringan pun lebih meningkat
  6. Mampu memacu dan mempengaruhi adanya pertumbuhan generatif dan vegetatif
  7. Proses pembentukan sari pati sekaligus gula yang akan semakin lancar
  8. Mampu mempengaruhi proses tumbuhnya akar tanaman
  9. Tanaman pun bakalan lebih sehat dan lebih hijau
  10. Kandungan protein pada tanaman semakin lama semakin meningkat.

Kelebihan Pupuk Phonska

Kelebihan PupuK pHONSKA
sulut.litbang.pertanian.go.id

Setiap pupuk memiliki kadar dan kandungan yang berbeda-beda, dan setiap tumbuhan juga memerlukan kadar nutrisi yang berbeda-beda pula, maka dari itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pupuk terhadap media tanam.

Apakah media tanam tersebut cocok atau tidak jika diberikan pupuk phonska ini, jika tidak jangan diberikan karena akan berakibat fatal, yaitu tanaman menjadi rusak dan bisa berakibat kematian pada tanaman.

Berikut ini penjelasan mengenai kelebihan pupuk phonska:

Penghematan Biaya Bagi Petani

Penghematan Biaya Menggunakan Phonska
m.kbr.id

Di Indonesia sebagian besar masyarakatnya ialah petani. Bisa dibilang Indonesia begitu banyak memiliki aset yang sangat luar biasa khususnya dalam bidang pertanian. Tanah yang subur serta letak Indonesia yang sangat strategis ini membuat masyarakat Indonesia begitu meminati bidang pertanian.

Pupuk phonska ini banyak mengandung berbagai zat yang dibutuhkan oleh tanaman. Itu artinya bahwa, satu tanaman yang dipanen lebih dari satu bagian seperti contoh tanaman pepaya, tidak memerlukan berbagai macam pupuk. Semula untuk buah ada pupuk tersendiri, sedangkan daunnya memiliki pupuk sendiri pula.

Tekhis Pemupukan Menjadi Sederhana

Tekhnik Pemupukan Sederhana
cendananews.com

Di zaman yang semakin canggih ini petani selaku pemakai pupuk di lapangan tidak lagi bingung dan sulit untuk pemilihan jenis pupuk. Apabila para petani tidak memakai pupuk ini, maka petani harus mengetahui jenis-jenis pupuk tertentu agar mengerti persoalan apa yang ada pada tanamannya dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Ada yang hanya bermanfaat untuk bagian  buah,  biji atau daunnya saja.

Perlu diketahui juga bahwa ada tanaman yang dimanfaatkan atau digunakan kesemua unsurnya. Hal yang tidak kalah penting adalah jika kita menggunakan pupuk yang tidak majemuk ada kemungkinan besar akan terjadi overdosis pada pemupukan dan berakibat fatal bagi tanaman..

Overdosis pada saat pemupukan akan merusak unsur hara alami dalam tanah. Penggunaan  pupuk yang berlebih dalam jangka panjang dapat berakibat pada rusaknya lahan.

Daya Tahan Hasil Panen Lebih Awet

Hasil Panen Lebih Awet
kompasiana.com

Para petani tidak usah resah dan khawatir pada saat proses pengangkutan terhadap hasil panen akan merusak buah atau daun karena kekuatan dan kekokohannya sudah cukup teruji. Dengan daya tahan yang lebih lama dan kuat hal ini  sangat memungkinkan para petani untuk melakukan ekspor hasil pertanian mereka. Artinya, produk-produk pertanian yang berasal dari Indonesia akan lebih dikenal di manca negara.

Kekurangan Pupuk Phonska

Selain berbagai kelebihan yang dimiliki oleh pupuk ini ternyata masih terdapat beberapa kekurangan yang ditemukan pada pupuk ini. Pastinya kekurangan tidak hanya berlaku pada pupuk Phonska saja melainkan untuk berbagai jenis pupuk yang lainnya.

Dapat Merusak Unsur Hara Tanah

Unsur Tanah Rusak
rimbakita.com

Tanpa disadari oleh para petani bahwa pemberian pupuk ini dengan berbagai macam kandungan yang terdapat didalamnya akan memberikan efek tidak baik bagi tanah, karena unsur hara alami tanah akan menjadi rusak atau kalah dengan bahan sintetis.

Keadaan seperti ini membuat tanah yang semula subur dan bagus untuk berbagai tanaman tidak dapat lagi produktif. Karena keadaan miskin hara sudah banyak terjadi di lahan pertanian. Ditambah lagi dengan para petani yang pengetahuannya masih minim untuk meninggalkan pupuk organik seperti pupuk kandang dan pupuk hijau. Padahal, pemakaian pupuk organik tidak berpengaruh terhadap kandungan unsur hara alami. 

Sifat Asam Tanah Berkurang

Kadar Keasaman Tanah
jitunews.com

Sifat asam tanah akan semakin berkurang bahkan tanah bisa menjadi basa .

Penggunaan pupuk Phonska ini jika dilakukan terus-menerus dan dalam jangka yang panjang akan membuat kesuburan tanah berkurang. Dan tanah juga nantinya tidak akan berfungsi secara maksimal karena sudah terlalu banyak menyerap bahan-bahan kima.

Berkurangnya Penyerapan Air Oleh Tanah

Kurangnya Penyerapan Air (3)
quipper.com

Petani yang bijak ialah petani yang mampu mengatur bagaimana caranya agar tanah yang ditanami tetap terjaga dengan baik. Walaupun sebenarnya sudah sangat sering sekali menggunakan pupuk-pupuk yang berbahan kimia.

Akibatnya kemampuan tanah dalam menyerap air bisa semakin berkurang jika tidak diimbangi dengan penggunaan pupuk organik gunanya untuk menetralisirkan unsur hara yang terdapat didalam tanah. 

Jenis-jenis Pupuk Phonska 

Jenis-jenis Pupuk Phonska
mitalom.com

“Pupuk  menjadi salah satu aspek yang sangat penting untuk kesuburan tanaman”

Pupuk Phonska atau NPK adalah salah satu jenis pupuk yang sangat populer dalam dunia pertanian.

Sudah dijelaskan bahwa pupuk ini memiliki kandungan unsur hara yang sangat komplit. Pupuk ini juga terdapat dua bentuk yaitu padat dan juga cair.

Berikut ini penjelasan mengenai beberapa jenis pupuk Phonska atau NPK

Jenis Pupuk NPK 15-15-15

Jenis pupuk NPK ini terbagi menjadi 4 bagian, dan setiap bagian memiliki keragaman yang berbeda, untuk lebih jelasnya berikut penguraiannya.

Pupuk Phonska atau NPK 15-15-15

Jenis Pupuk Phonska 15-15-15
tokotani.info

Pupuk ini menjadi pupuk NPK yang sangat akrab di gunakan oleh para petani. selain harganya yang relatif murah pupuk ini juga banyak memberikan khasiat bagi tanaman. Pupuk ini sangat mudah larut dalam air sehingga tanaman begitu sangat mudah untuk menyerap nutrisi yang diberikan oleh pupuk tersebut. 

Pupuk jenis ini biasanya dikemas dalam kemasan karung dengan total berta bersih 20 kg dan ada juga yang 50 kg. pupuk ini memiliki bentuk bulat kecil dan berwarna merah muda dan kadang berwarna orange. 

Harga jual pasaran pupuk ini berkisar Rp. 1.800/kg. Wajar saja banyak petani yang memilih untuk menggunakan pupuk jenis ini untuk tanaman-tanaman mereka. Karena kualitas dari pupuk ini juga sudah di uji dan hasil tanaman yang diberikan pupuk ini menjadi lebih baik.

Kandungan Pupuk Phonska 15-15-15
  1. Memiliki kandungan Sulfur (S) 10%
  2. Memiliki kandungan Phosphat (P2O5) 15%
  3. Memiliki kandungan Nitrogen (N) 15%
  4. Memiliki kandungan Kalium (K2O) 15%
  5. Berbentuk butiran (granul) berwarna merah muda
  6. Memiliki sifatt higroskopis (mudah larut) sehingga mudah diserap oleh akar tanaman.

Pupuk NPK Phonska Plus 15-15-15

Pupuk Phonska NPK Plus 15-15-15
mitalom.com

Pupuk NPK Phonska Plus ini biasanya dikemas dengan berat bersih 25 kg, memiliki bentuk granul, dan memiliki wana putih dan bersifat higroskopis yaitu mudah larut dalam air.  dan memiliki banyak unsur hara didalamnya.

Manfaat pupuk Phonska ini mendukung pertumbuhan vegetatif dan pertumbuhan buah / biji, serta dapat memperkuat daya tahan tanaman terhadap hama / penyakit. Kekurangan Seng berdampak pada kekerdilan tanaman, ketegaran tanaman berkurang, daun mengecil serta ukuran bulir / buah kecil.

Kandungan Pupuk NPK Phonska 15-15-15
  1. Mempunyai Kandungan Nitrogen (N)  15%. 
  2. Mempunyai Kandungan P2O5 atau Fosfat (P)  15%. 
  3. Mempunyai Kandungan Kalium (K2O)  15%. 
  4. Mempunyai Kandungan Sulfur (S) 9%
  5. Mempunyai Kandungan Zinc atau Seng (Zn) sebesar 2.000 part per million (ppm)

Perlu diketahui juga bahwa penambahan unsur hara mikro Seng inilah yang membedakan antara pupuk  NPK Phonska Plus dengan pupuk  NPK Phonska bersubsidi biasa.

Pupuk NPK Basf 15-15-15

Pupuk_NPK_BASF_15
bukalapak.com

Pembahsan selanjutnya yaitu mengenai pupuk NPK Basf 15-15-15 tak juah berbeda dari jenis-jenis pupuk NPK yang lainnya, pupuk ini memiliki bentuk bulat granul dan berwarna biru langit atau biru pudar dan biasanya dikemas dalam kemasan plastik.

Manfaat pupuk phonska jenis ini sangatlah besar, perubahan yang cukup cepat yang terjadi pada tanaman jika diberikan pupuk ini. Tak heran jika para petani mengincar pupuk ini untuk tanamannya. Di Indonesia sendiri pupuk jenis ini masih impor dari jepang, singga harga jual pupuk ini juga lebih mahal dari pupuk-pupuk lainnya

Kandungan dari Pupuk NPK Basf 15-15-15
  1. Memiliki kandungan sebanyak 15% N (Nitrogen)
  2. Memiliki kandungan sebanyak 0.5% MgO (Magnesium)
  3. Memiliki kandungan sebanyak 6% CaO (Kalsium)
  4. Memiliki kandungan sebanyak 15% P2O5 (Phospate)
  5. Memiliki kandungan sebanyak 15% K2O (Kalium).

Karena kandungan yang dimiliki  pupuk tersebut. Pupuk  ini juga dikenal dengan istilah Pupuk NPK 15-15-15 NITROPHOSKA.

Pupuk NPK Ria Plus 15-15-15

Pupuk Ria Plus
agrotanicipanas.blogspot.com

Pupuk jenis sangat banyak manfaatnya, karena pupuk ini dapat digunakan oleh semua jenis tanaman mulai dari tanaman pangan, tanaman buah, tanaman kebun bahkan tanaman holtikultura.

Sudah sangat jelas manfaat pupuk Phonska jenis ini dan tak heran jika banyak sekali para petani yang menggunakan pupuk ini untuk tanaman mereka untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Kandungan dari Pupuk NPK Ria Plus 15-15-15
  1. Memiliki kandungan phosphat dalam bentuk P2O5 sebesar 15%
  2. Memiliki kandungan nitrogen 15%
  3. Memiliki Kandungan Kalium dalam bentuk K2O sebesar 15%

Jenis Pupuk NPK 16-16-16

Sama hal nya dengan kenis pupuk NPK 15-15-15 yang memiliki banyak jenis, begitu pula dengan pupuk NPK 16-16-16 yang juga memiliki beberapa jenis dan beragam fungsi dan kandungannya. berikut penjelasannya.

Pupuk NPK Pak Tani 16-16-16

Pupuk NPK Pak Tani
bukalapak.com

Pupuk ini sangat mudah diaplikasikan dan mudah larut dalam air. Dan pupuk ini juga bisa langsung diberikan ke tanaman dengan cara menyebarkannya atau memendamnya di dekat tanaman.

Manfaat pupuk Phonska jenis ini bisa digunakan untuk berbagai macam tanaman mulai dari  padi, jagung, hortikultura, buah-buahan, sayuran, bunga, tanaman perkebunan maupun palawija.

Kandungan Pupuk Pak Tani 16-16-16
  1. Mempunyai kandungan N (Nitrogen) : 16% (Nitrat Nitrogen 6,4%, Amonium Nitrogen 9,6%)
  2. Mempunyai kandungan P2O5 (Phospate) : 16%, K2O (Potassium Oxide) : 16%
  3. Mempunyai kandungan CaO (Calcium Oxide) : 5% dan MgO (Magnesium Oxide) : 1%.
  4. Mempunyai kandungan unsur nitrat 7%

Pupuk NPK Mahkota 16-16-16

Pupuk_NPK__Mahkota_16 (2)
bukalapak.com

Pupuk jenis ini sangat cocok untuk digunakan pada semua pasa pertumbuhan,  dapat menjadi  pupuk dasar, masa pertumbuhan generatif dan masa pertumbuhan vegetatif. 

Manfaat pupuk phonska jenis ini sangat luar biasa karena pupuk ini dapat diaplikasikan  hampir semua jenis tanaman mulai dari tanaman pangan, tanaman palawija, tanaman perkebunan, hortikultura maupun buah-buahan.

Pupuk ini yang berasal dari Rusia ini sering kali di sebut dengan salah satu pupuk majemuk super karena pupuk ini banyak sekali memberikan nutrisi yang sangat baik bagi tanaman.

Kandungan Pupuk NPK Mahkota 16-16-16
  1. Memliliki kandungan Nitrogen 16% (dalam bentuk Ammonium (NH4+) 10.5%
  2. Memliliki kandunganNitrate (NO3-) 5.5%), Phosphate (P2O5) 16%, Kalium (K2O) 16%
  3. Memliliki kandungan Kalsium Florida (CaF2) 2.9%.

Pupuk NPK Mutiara 16-16-16

Pupuk NPK Mutiara 16
8vilages.com

Pupuk NPK Mutiara ini memiliki dua unsur yang sangat bermanfaat bagi tanaman, yaitu unsur Mikro dan makro dan pupuk ini juga termasuk dalam kategori pupuk majemuk. Pupuk ini berbentuk granul (butiran-butiran kecil) dan memiliki warna biru pudar.

Tidak sama dengan pupuk yang lainnya, pupuk ini memiliki keunggulan yang dimiliki sehingga harga jual di pasaran pun ikut melambung tinggi. Namun demikian para petani juga banyak sekali yang menggunakan pupuk jenis ini karena kualitasnya memang sudah terjamin.

Harga dari pupuk jenis ini berkisar Rp. 25.000 / 900 g nya dan banyak sekali nutrisi yang baik bagi tanaman, walaupun demikian pupuk ini tetap laris di dunia pertanian.

Kandungan Pupuk NPK Mutiara 16-16-16

Kandungan / Manfaat pupuk Phonska jenis NPK Mutiara 16-16-16 antara lain sebagai berikut:

  1. Memiliki kandungan sebanyak 16% N (Nitrogen)
  2. Memiliki kandungan sebanyak 16% P2O5 (Phospate)
  3. Memiliki kandungan sebanyak 16% K2O (Kalium)
  4. Memiliki kandungan sebanyak 0.5% MgO (Magnesium)
  5. Memiliki kandungan sebanyak 6% CaO (Kalsium).

Pupuk NPK Ria Plus 16-16-16

Pupuk RIA Plus
hargapupukkelapasawitterbaiknasameda.blogspot.com

Pupuk jenis ini juga banyak sekali digunakan oleh para petani Indonesia. Karena para petani menginginkan hasil panen yang berkualitas. Salah satu cara yang digunakan para petani ialah dengan menggunakan pupuk jenis ini.

Manfaat pupuk Phonska jenis NPK Ria Plus 16 ini bermanfaat untuk meninggikan tanaman, memberikan lebih banyak anakan pada tanaman dan memberi bagan warna daun lebih tinggi dan banyak dari pada perlakuan kontrol.

Pupuk NPK Pelangi 16-16-16

Pupuk NPK Pelangi 16
mitalom.com

Pupuk jenis ini juga tidak kalah hebatnya dari jenis-jenis pupuk yang lainnya,  sebagai pupuk anorganik yang banyak memberikan manfaat pada tanaman ternyata manfaat pupuk phonska jenis ini  terbentuk dari berbagai macam unsur hara yang banyak dibutuhkan oleh tanaman.

Pupuk ini juga memiliki harga jual yang lumayan tinggi di pasaran karena memang memiliki kualitas yang sangat bagus. Tak heran jika banyak petani yang menggunakan pupuk jenis ini. Harga jualnya yaitu berkisar Rp. 23.000 /kg.

Kandungan Pupuk Pelangi 16-16-16
  1. Terdiri dari 3 bahan utama yakni: diamonium phospat granul, urea granul bahkan juga KCL flake.
  2.  Trsusun dari unsur (hara N – hara P – hara K – hara mikro lainnya seperti S, Mg, dan B).
  3. memiliki kandungan beberapa hara makro seperti: N,P dan juga K.

Manfaat Pupuk Phonska atau NPK Secara Umum

manfaat pupuk phoanska umum
belajartani.com

Setiap jenis pupuk anorganik memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, memiliki keberangaman fungsi yang berbeda-beda pula, namun kali ini akan dijelaskan manfaat pupuk Phonska atau NPK secara umum yang bermanfat bagi tanaman, berikut penguraiannya.

  1. Aakan mempengaruhi produktivitas tanaman agar semakin meningkat.
  2. Dapat merangsang adanya pertumbuhan akar yang baru.
  3. Batang tanaman bisa tumbuh tegak dan kokoh sehingga mampu mengurangi resiko tanaman rebah.
  4. Daun tanaman akan semakin menghijau sehingga pada saat proses fotosintesis  bisa berjalan dengan  optimal.
  5. Memiliki daya tahan tanaman terhadap serangan hama .
  6. Dapat memicu pembentukan bunga bahkan proses panen akan semakin cepat.
  7. Dapat memacu pertumbuhan ukuran buah, umbi bahkan juga biji-bijian.

Itulah penhjelasan berbagai macam manfaat yang bisa anda dapatkan dari pupuk NPK yang sering di pergunakan oleh para petani.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dimanapun anda berada.

Terus kunjungi website mardinata.com ya, pantau terus jangan sampai ketinggalan artikel-artikel pengetahuan lainnya.

Teimakasih.

0
Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *