Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

10 Faktor yang Mempengaruhi Karyawan

4 min read

faktor yang mempengaruhi karyawan

Faktor yang Mempengaruhi Karyawan- Bagaimana cara mengukur kinerja karyawan saat di kantor? Hal ini menjadi pertanyaan besar bagi setiap pimpinan. Mengapa demikian?

Ya karena karyawan adalah salah satu tombak yang mampu mewujudkan segala tujuan yang diinginkan oleh perusahaan. Dan pastinya setiap perusahaan menginginkan karyawan yang memiliki kualitas yang bagus.

Bagaimana caranya agar para karyawan memiliki kualitas yang bagus? Tentunya tidak terlepas dari peranan perusahaan.

Ada beberapa faktor yang wajib anda ketahui untuk meningkatkan kualitas para karyawan anda.

1. Ketersediaan Barang dan Peralatan

Perlatan kantor karyawan
pixabay.com

Sebagai perusahaan nada harus memiliki ketersediaan barang dan peralatan agar proses dalam pekerjaan dapat berjalan dengan lancar.

Sangat tidak mungkin jika perusahaan anda akan memberikan pelayanan terbaik jika barang dan perlengkapan yang ada di kantor anda tidak mumpuni.

Contoh sebagai berikut:

  • Jika anda menginginkan  waktu yang cepat dalam mengerjakan suatu berkas maka sediakanlah jaringan internet dan perangkat telepon kecepatan tinggi untuk karyawan anda. Jika tidak sangat mustahil karyawan anda dapat menyelesaikan tugas dengan cepat.
  • Sangat tidak mungkin jika anda ingin menciptakan suatu tempat kerja yang nyaman sedangkan didalamnya tidak ada pendingin ruangan atau dispenser untuk merek minum.
  • Dan sediakanlah mesin-mesin yang berhubungan dengan produksi, sebagian barang yang mutlak untuk mempercepat proses kerja karyawan anda.

2. Suasana dan Kondisi Lingkungan Kerja

Suasana dan lingkungan karyawan
pixabay.com

Memastikan keadaan lingkungan dan kenyamanan kantor adalah hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan.

Lingkungan haruslah bersih dan indah agar para karyawan anda dapat berproduktifitas dengan baik tanpa adanya gangguan apapun.

Agar karyawan menjadi lebih nyaman saat berada di kantor cobalah untuk membuat ruangan-ruangan untuk mereka merilekskan pikiran mereka sejenak, sediakan toilet yang indah dan bersih serta tempat ibadah yang syar’i.

Dengan demikian karyawan anda akan betah dan merasa nyaman saat berada dikantor, serta mereka dapat menjalankan tugas-tugas mereka dengan baik.

3. Visi, Misi dan Budaya Organisasi

visi misi dan tujuan perusahaan
pixabay.com

Menciptakan karyawan yang  berkualitas dan kompeten tidaklah mudah, banyak proses yang harus dijalani perusahaan untuk menciptakan karyawan yang sesuai dengan standard dari perusahaan.

Di zaman millennial ini karyawan bukan lagi hanya bekerja untuk mendapatkan gaji dan upah yang diberikan oleh perusahaan

Hal yang mereka cari ialah bagaimana kehadiran mereka mampu merealisasikan dan mewujudkan visi dan misi serta tujuan dari perusahaan yang mereka kelola.

Semua hal ini tidak terlepas dari pantauan dan bimbingan yang dilakukan oleh perusahaan kepada para karyawannya.

4. Job Description dan Tanggung Jawab

job description dan tanggung jawab karyawan
pixabay.com

Saat ini banyak sekali karyawan yang bekerja namun tidak pada TUFOKSI nya (Tugas Pokok dan Fungsi). Anda selaku pimpinan dapat meyakinkan para karyawan-karyawan anda mengenai kontribusi mereka diperusahaan yang anda kelola.

Dengan demikian mereka akan merasa termotivasi dan kualitas kerja mereka akan meningkat dengan sendirinya.

Selain itu anda juga harus menempatan karyawan anda di posisi yang tepat atau untuk mengerjakan suatu pekerjaan khusus agar mereka tidak merasa terbebani akan tugas-tugas yang diberikan oleh perusahaan.

Intinya ialah menyadarkan para karyawan anda bahwa keberadaan mereka itu memang sangat berharga dan penting sekali. Karena para karyawan memiliki potensi yang berbeda-beda untuk mewujudkan tujuan perusahaan.

5. Prioritas Kerja

prioritas kerja karyawan
pixabay.com

Berikanlah prioritas kerja yang jelas terhadap karyawan anda. Jangan terlalu banyak memberikan tugas kepada karyawan anda, sehingga karyawan anda akan merasa bingung mana pekerjaan yang harus diselesaikan dan mana yang tidak.

Jelaskan juga kepada karyawan anda mengenai alur kerja yang jelas, memiliki SOP (standar oprasional prosedur) yang jelas.

Dan berikan karyawan anda waktu untuk menyelesaikan pekerjaannya sesuai denga  yang ditentukan, seandainya ada pekerjaan baru yang memang harus segera diselesaikan pintar-pintarlah dalam menggunakan waktu agar seluruh pekerjaan dapat diselesaikan dnegan baik.

6. Komunikasi dan Cara Kerja Pimpinan

Komunikasi Karyawan dan Pimpinan
pixabay.com

Dalam dunia pekerjaan pasti sedikit banyaknya ada permasalahan yang dihadapi. Saat karyawan menghadapi suatu permasalahan, kemana karyawan akan mengadu?

Lalu siapa yang bertugas untuk memberikan solusi?

Apakah para pimpinan, supervisor, dan manajemen sudah cukup untuk memberikan bantuan dan solusi cerara terbuka?

Atau malah karyawan justru merasa sungkan dan takut?

Hal ini juga termasuk dalam faktor yang mempengaruhi karyawan. Anda selaku pimpinan juga harus memperhatikan bagaimana caranya anda berinteraksi dengan karyawan anda, agar mereka dapat mengeluarkan keluh kesahnya saat menjalani pekerjaanya.

Para karyawan pasti menginginkan pimpinan yang suportif, hal ini dapat mempengaruhi bagaimana para karyawan berinteraksi dan berkomunikasi dalam pekerjaan dengan anda.

7. Pelatihan dan Pengembangan Diri

pengaruh Pelatihan karyawan
pixabay.com

Jika anda mengingkan perusahaan anda meju dan berkembang anda harus memiklikin karyawan yang berkualitas pula, lalu bagaimana caranya agar perusahaan dapat menjadkan para karyawannya memiliki kualitas yang bagus?

Jawabannya ialah dengan mengadakannya pelatihan agar mereka dapat menambah wawasan baru dan pengalaman baru.

Contohnya jika anda menginginkan karyawan anda bagus dalam berprersentasi maka anda harus memberikan materi cara berpresentasi yang baik.

Dengan melakukan hal-hal seperti ini tanpa disadari bahwa para karyawan anda akan mengalami pengembangan diri secara tidak langsung dan mereka akan menjadi karyawan yang berkualitas.

8. Motivasi Kerja

faktor motivasi karyawan
pixabay.com

“Setiap karyawan pasti memiliki titik jenuh dimana mereka merasakan lelah saat mengalami berbagai masalah yang dihadapinya”

Hal yang dapat anda lakukan ialah memberikan motivasi terhadap seluruh karyawan anda, agar mereka bisa menjadi lebih semangat dalam menjalani tugas-tugas dan berbagai macam persoalan yang terjadi.

Pada akhirnya motivasi serta dorongan yang anda berikan baik dari dalam maupun dari luar diri seseorang akan membuahkan kinerja yang baik.

9. Loyalitas

pengaruh loyalitas karyawan dan pimpinan
pixabay.com

Hal yang sangat sederhana yang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi karyawan adalah sikap loyalitas.

Namun banyak sekali karyawan yang tidak memiliki sikap ini. Hal ini merupakan salah satu kesetiaan para karyawan untuk tetap bekerja dan membantu perusahaan untuk mewujudakn tujuan di mana tempatnya bekerja.

Sikap kesetiaan ini di tunjukan dengan bekerja sungguh-sungguh dan sepenuh hati sekalipun perusahaannya dalam kondisi kurang baik.

10. Bonus dan Intensif

Bonus yang mempengaruhi karyawan
pixabay.com

Jika menginginkan perusahaan maju dengan pesat anda harus membuat para karyawan anda sejahtera, karena hal ini juga salah satu faktor yang mempengaruhi karyawan anda  senang bekerja di perusahaan yang anda kelola.

Jika mereka bekerja sepenuh hati dan pihak perusahaan juga memberikan gaji dan bonus yang sesuai maka para karyawan pun akan merasa bahwa mereka memang sangat dibutuhkan perusahaan untuk mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.

Cara yang paling mudah dan sederhana untuk melihat kualitas kerja karyawan anda adalah dengan melihat kehadirannya. Ketika karyawan anda sudah sering terlambat dan sering izin cobalah untuk dievaluasi dan dikoreksi dengan baik.

Semua hal itu dilakukan agar kualitas dari perusahaan dan para karyawan yang bekerja di perusahaan anda akan terjaga dengan baik dan konsisten.

Itulah penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi karyawan saat berada di dunia pekerjaan, semua masalah dapat diselesaikan dengan baik dan kualitas para karyawan juga bisa ditingkatkan dengan tips-tips yang sudah dijelaskan diatas.

Terimakasih.

0
Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *