Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Cara Membuat Essay

4 min read

Cara Membuat Essay

Cara Membuat Essay- Sama halnya dengan menulis karya ilmiah, menulis essay yang baik dan benar juga harus terstruktur dan sistematis. Namun hal yang tidak kalah penting yaitu kreatifitas penulis tetap menjadi suatu nilai tambahan.

Essay mempunyai arti karangan, tulisan, artikel dan sebagainya. Secara singkat, essay atau essai merupakan salah satu karangan bebas yang mempunyai tujuan subjektif berdasarkan kemauan penulis.

Maka dari itu, menulis essay menuntut kita untuk sekreatif mungkin agar tulisannya menarik.

Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat essay yang baik dan sistematis, berikut penjabarannya.

Menentukan Tema

Menentukan Tema Didalam essay
piabay.com

Hal yang pertama yang harus anda lakukan saat membuat essay ialah menentukan tema, karena dengan adanya tema essay anda akan lebih fokus dan mengerucut terhadap tema yang anda tentukan.

Sehingga pembahasannya tidak lari dari jalur atau muter-muter.

Pikirkanlah dahulu tema dan tipe naskah apa yang akan anda tulis. Apakah berupa analisis, tinjauan umum, atau topik secara khusus?

Jika berupa analisis tema dan topik harus dibahas secara spesifik dan benar-benar fakta, namun jika yang di bahas tinjauan umum anda bisa langsung masuk kelangkah berikutnya dan anda arus bisa mempersempit lagi tema dan topiknya.

Tarik Benang Merah (Ide-ide)

ide dari essay
pixabay.com

Tarik benang merah yang dimaksud disini ialah membuat suatu garis-garis besar atau ide-ide yang akan anda sampaikan melalui essay anda, dengan adanya hal ini para pembaca juga akan lebih nyaman dalam membaca essay yang anda buat.

Sampaikanlah ide-ide emas yang anda miliki, karena dalam pembuatan essay penulis di tuntut untuk memiliki kreatifitas yang tinggi dan juga memiliki keunikan dalam penulisannya.

Tujuannya agar essay yang anda tulis berbeda dari essay yang lainnya dan memiliki nilai ples didalamnya

Usahakan ide-ide dan tema yang anda tulis sesuai dengan tema dan topiknya agar pembahasan yang ad didalam essay saling melengkapi dan benar-benar terstruktur dengan baik.

Kerangka Pembuatan Essay

struktur essay
pixabay.com

Cara membuat essay tidaklah sama dengan pembuatan proposal dan tak semudah yang dibayangkan, anda harus benar-benar menjiwai hal ini, karena dampaknya akan terjadi pada hasil essay anda.

Jika nada membuat essay nya hanya separuh hati, maka hasilnya juga seperti itu, kerjakan dan buatlah essay nada dengan sungguh-sungguh agar hasil yang akan dituai juga tidak mengecewakan.

Dalam penulisan kerangka anda harus menyampaikan hal-hal yang terpenting dahulu, usahakan memang benar-benar sistematis dan terstruktur, mengapa demikian?

Aagar penjelasan yang terdapat didalam essay anada tidak ngalor-ngidol, sehingga pembaca merasa ikut serta didalam essay anda.

Menulis Essay sesuai Kaidah

kaidah penulisan didalam essay
pixabay.com

Dalam membuat essay tidak boleh sembarangan dalam penulisannya karena semua itu sudah diatur oleh kaidah-kaidah penulisan.

“Sampaikan lah essay anda dengan menggunakan bahasa yang jelas, akurat dan lugas agar para pembaca tidak meraba-raba hal apa yang anda ceritakan”

Hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas dari essay yang anda buat, jika essay yang anda tulis tidak memenuhi kaidah-kaidah yang sudah ditentukan maka kualitas dari essay anda sudah dipastikan jelek dan tidak enak dibaca.

Jika para pembaca sudah tidak nyaman dengan essay anda dan tidak suka dengan essay anda secara tidak langsung anda membuat para pembaca tertipu dengan essay anda.

Hal ini sangat berdampak negatif untuk perkembangan essay anda.

Poin Penting Dalam Membuat Essay

Poin penting dalam membuat essay
pixabay.com

Ada beberapa poin-poin penting yang harus dipahami oleh setiap penulis, terlebih khusus penulis essay.

Anda harus memahami benar-benar hal ini agar essay yang anda tulis dapat bernilai lebih di mata para pembaca dan pastinya memiliki kualitas essay yang bagus.

Mulai Dengan Menarik Perhatian Pembaca

Hal menarik dalam cara membuat essay
pixabay.com

Hal terlihat sangat sederhana, namun banyak sekali penulis essay yang belum menguasi hal ini, padahal hal ini yang akan berpengaruh terhadap essay anda.

Anda dapat memulai dengan suatu informasi yang nyata dan terpercaya. Informasi ini tidak perlu benar-benar suatu hal baru untuk pembaca, namun bisa menjadi gambaran bagi pembaca untuk menangkap poin yang dibuat.

Menggunakan dialog dalam dua atau tiga kalimat dengan beberapa pembicara untuk menyampaikan poin yang anda miliki.

Mulai menulis dengan suatu anekdot, yaitu sebuah cerita yang mengilustrasikan poin yang  dimaksud. Saat pembuatan anekdot ada harus berhati-hati dan teliti.

Walaupun anekdot ini bersifat sangat efektif untuk membangun ketertarikan pembaca, anda harus menggunakannya dengan tepat.

Membuat Para Pembaca Penasaran

membuat pembaca penasaran saat membaca essay
pixabay.com

Hal yang sangat dicari saat membaca sebuah essay salah satunya yaitu mencari sumber informasi. Anda harus berfikir bagaimana caranya agar essay yang anda tulis memang benar-benar berkualitas dan kompleks.

Dengan demikian para pembaca akan penasaran akan isi dari essay yang anda buat, semakin muncul jiwa penasaran para pembaca itu menandakan bahwa essay anda sydah berkualitas dan layak untuk di baca oleh banyak orang.

Tutup Essay Dengan Pernyataan

pernyataan dalam pembuatan essay
pixabay.com

Dalam hal ini anda diperintahkan dan dituntut untuk memberikan suatu informasi yang benar-benar fakta (real), dan berikan pernyataan saat anda menutup suatu paragraf essay.

Karena salah satu cara membuat essay agar essay anda memiliki daya tarik lebih adalah dengan pernyataan. Tujuannya agar para pembaca dapat mengambil kesimpulan dari essay yang sudah anda tulis.

Jika para pembaca sudah dapat menikmati dan menarik kesimpulan degan sendirinya dari essay anda, itu artinya usaha anda sudah berhasil untuk menyuguhkan karya terbaik anda.

Contoh Pembuatan Essay

Contoh pembuatan essay
pixabay.com

Pada kesempatan kali ini kami jabarkan satu contoh bagaimana cara membuat essay yang sudah sesuai dengan kaidah-kaidah dan pastinya sudah tersusun secara kompleks dan sistematis, berikut contohnya:

Contoh Essay Beasiswa

Contoh essay yang pertama yaitu mengenai beasiswa.

Penulisan essay ini saya lakukan untuk memenuhi persyaratan mendapatkan beasiswa.

  • Nama saya Muhammad Ilyas Al-Bukhori,
  • lahir di Jakarta, 04 November 1998.
  • Saya adalah anak keenam dari tujuh bersaudara

kami tinggal  bersama ibu semenjak ayah menemui panggilan Illahi tepat pada lima tahun yang lalu. Dan saat ini ibu saya berjualan di pasar dengan penghasilan kurang dari 1.000.000 per bulan.

Riwayat pendidikan saya:

  • TK Dian Lestari pada tahun 2002
  • SDN 101941 pada tahun 2004 hingga 2010.

Selama saya berada di Sekolah Dasar saya sering menjuarai berbagai macam perlombaan se-kabupaten. Kemudian saya bersekolah di SMPIT Al-Habib pada tahun 2010-2013.

Saat saya duduk di bangku SMP ada beberapa kegiatan yang saya ikuti diantaranya:

  • saya ditunjuk sebagai pengurus osis dan menjabat sebagai Bendahara OSIS
  • Saya juga merupakan anggota paskibraka aktif dan sering mewakili sekolah untuk bertanding di tingkat provinsi.

Dan setelah saya lulus, saya melanjutkan pendidikan saya di SMA Negeri 1 Pegajahan pada tahun 2013 sampai 2016 dan saya menjabat sebagai ketua OSIS.

Pada saat saya duduk di bangku SMA saya sering membawa nama sekolah berlaga dan mengharumkan nama sekolah, diantaranya:

  • sebagai juara satu Debat Bahasa Indonesia tingkat Kabupaten
  • menjadi Duta Pelajar se-Kabupaten
  • dan mengikuti olimpiade kimia tingkat Provinsi

Tahun ini adalah tahun ketiga saya sebagai mahasiswa jurusan Tekhnik Kimia di UI. Alasan saya memilih jurusan Tekhnik Kimia ialah karena saya sangat tertarik dengan materi yang dipelajari, dan peluang untuk mendapatkan pekerjaan juga cukup besar.

Kegiatan saya saat ini selain kuliah, saya juga sambil bekerja di sebuah rumah privat untuk membantu meringankan beban ibu saya.

Dengan adanya beasiswa hal ini dapat membantu meringankan beban biaya yang saya tanggung. Dan saya rasa saya layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut karena saya termasuk dalam kategori penerima beasiswa tersebut.

Dilihat dari segi keaktifan dan IPK saya yang mencapai 3.82. Walaupun begitu saya tetap berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan prestasi saya ke depannya. Demikianlah essay ini saya tulis dengan sebenarnya. Terima kasih.

Itulah penjelasan mengenai bagaimana cara membuat essay yang baik dan benar, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Selamat mencoba.

Terimakasih.

2
Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *