Marching Band

6 min read

Salam olahraga sobat, sedikit berbagi pengalaman kembali menjadi bintang lapangan. Pastinya menjadi suatu kebanggan tersendiri bukan?

Sedikit menjelasakn ni sob tentang Marching Band.

Marching Band adalah sekelompok barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik (tiup, perkusi, dan sejumlah instrumen pit) secara bersama-sama.

Marching Band juga salah satu cabang olahraga ya sob, dan juga sudah di perlombakan pada saat PON ( Pekan Olahraga Nasional)  kemarin yang diadakan di Bandung pada tahun 2016.

Sob tau gak sih gimana rasanya menjadi anak Marching Band? Nah untuk tau jawabannya berikut pengalaman saya menjadi anggota Marching Band.

Pendaftaran

sumber : pixabay.com

Pada awal masuk sekolah SMP saya tertarik dengan salah satu kegiatan Ekstrakurikuler (Ekskul) yang ada di sekolah tersebut, ya benar sekali Marching Band.

Gita Sahda Yuana (GSY) itu adalah nama unit dari Marching Band tersebut, terus hal apa yang membuat tertarik untuk mengikuti ekskul ini, pasti itu pertanyaanya kan sob?

Seru aja gitu banyak perpaduan antara suara alat tiup, perkusi dan instrument pit yang bergabung menjadi satu dalam memainkan sebuah lagu, sangat enak saat di dengar dan sangat elok dilihat.

Pada saat saya melihat mereka tampil, langsung ada ketertarikan dengan sendirinya untuk mengikuti ekskul ini.

Jadi memang bener-bener tertarik ya sob, bukan karena diajak atau ada paksaan dari orang lain.

Sesaat mereka selesai tampil, mereka langsung mengumumkan bagi siapa saja yang ingin mendaftarkan diri menjadi anggota segera mendekati sumber suara.

Tanpa berfikir panjang saya pun langsung mendekati sumber suara, dan mengambil formulir pendaftaran.

Dan alhamdulillah dengan bantuan para senior saya pun sudah menyerahkan formulir pendaftaran tersebut.

Bisa di bilang Marching Band ini adalah Ekstrakurikuler yang pertama kali saya ikuti sob, jadi kebayang kan gimana rasanya kalau menjalani sesuatu itu pertama kali?

Dan waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba yaitu jadwal latihan.

Latihan

Kebayang gak sih sob gimana semangat nya anak yang baru masuk SMP mengikuti latihan? Apalagi pertama kali, so pasti sangat semangat… para sobat pernah ngerasin nggak?

Begitu juga dengan saya sendiri, awal peertama kali latihan datangnya lebih awal, tidak mau terlambat.

Intinya ingin dilihat rajin lah pada saat itu, luar biasa banget ya sob sampai sebegitu nya.

Sesampainya disekolah sudah banyak sekali temen-temen yang berdatangan , awal mulanya belum kenal semua sih, sampai malu-malu gitu pada saat pertama kali hendak masuk kedalam ruangan.

            Perkenalan

sumber : pixabay.com

Para sobat bisa bayangin gak gimana wajah-wajah polos anak yang baru masuk SMP?

Lucu ya?

Ini malah diperintahkan untuk perkenalan lagi? Wahh bakalan semeriah apa ni jadinya ruangan dengan berbagai macam pola tingkah laku para anak-anak yang lain?

Saya juga malu sob, sudalah kecil mungkil, hitam karena suka main panas-panasan, intinya gak percaya diri aja gitu. Tapi ya…. ah biarin aja deh, ntar juga kelar “ ujar saya dalam hati.”

Sudah banyak sob yang memperkenal kan dirinya sekarang giliran saya ni.

“ Selanjutnya silahkan memperkenalkan diri, ujar pelatih”

Mulai Perkenalan

Dengan keadaan kedua tangan dikepal kedepan, badan bergoyang kekanan dan kekiri, sambil sesekali melihat temen-temen yang lain, saya pun mulai memperkenalkan diri.

Perkenalkan nama saya Dedek Bambang Suwito

Alamat Saya di Dusun Pala Desa Melati II

Hobi bermain Badminton

Mmmmmmmmmmmmmm udah kak “ Ujar saya kepada Pelatih.”

Ya silahkan duduk.

Untuk selanjutnya kita latihan alat, silahkan ambil alat yang diminati, dan langsung ikuti arahan dari kakak-kakak seniornya ya “ Ujar sang Pelatih.”

Iya kak “ serentak menjawab secara Bersama-sama.

            Latihan Alat Pertama kali

 

Alat yang saya minati pada saat itu ialah alat musik tiup sob yaitu terompet.

Anak yang baru masuk SMP di perintahkan untuk tenang mana bisa sob!

Pastinya kesana kemari gak jelas dan jiwa keingintahuannya juga sangat tinggi sob, itu yang menyebabkan saya dan temen-temen yang lain gak bisa diam.

Ok saat nya mulai latihan sob, saya dijelaskan bagaimana cara memegang alat ini dengan baik, diarahkan dengan sejelas-jelasnya, dan diajarkan tekhnik meniup yang benar.

Saya kira awalnya ya cara memainkan terompet ini dengan di tiup biasa, ternyata sangat jauh berbeda.

Waktu diajarkan tekhnik dan diperintahkan untuk dipraktekan meniup dan akhirnya terdengarlah suara terompetnya.

Rasanya senang luar biasa, padahal saya nggak tau tu sob nada apa yang saya tiup, maklumlah masih pemula.

Selama kurang lebih 2 bulan latihan, alhamdulillah saya dan temen-temen lainnya sudah bisa memainkan nada mulai dari nada “do re mi fa sol la si do” sampai ke “do si la sol fa mi re do”.

Ujar pelatih ini adalah dasar dari semua pemain alat tiup, dan semua nada yang di tiup harus pas dan duduk dengan nada nya, agar saat memainkan lagu, lagunya menjadi lebih harmonis dan enak untuk didengar.

            Latihan Basic

Para sobat perlu tau ni, setiap apapun yang kita lakukan atau yang kita kerjakan kalau kita tidak ada basic nya sama saja, mkita tidak akan kuat untuk berlama-lama dengan kegiatan itu. Bener gak sob?

Dan latihan basic ini sob sangat membutuhkan stamina yang fit, jangan sampai kita pada saat latihan basic tidak ada asupan yang masuk sama sekali di dalam tubuh kita, bisa berakibatkan sangat fatal, karena ini menyangkut kesehatan kita nantinya.

Saya sendiri sudah mengalami hal seperti ini sob, latihan berjam-jam meniup dengan sikap yang sempurna untuk menjadikan etitut dalam bermain didalam barisan.

Mungkin para sobat bertanya sepenting itukah latihan basic?

Kalau jawabn saya ialah, ya sob, latihan basic itu sanat penting, hal ini juga yang membuat kita lebih berkwalitas dan mempunyai kharisma tersendiri saat bermain dilapangan nantinya.

Para sobat jangan takut dan tidak perlu terlalu khawatir dengan latihan basic ini, karena dari awal pertama kali pasti sudah di instruksikan oleh pelatih untuk siap siaga hal-hal apa saja yang di perhatikan.

            Belajar Latihan Lagu

sumber : pixabay.com

Tak semudah yang dibayangkan sob, ternyata pertama kali saya latihan bermain lagu itu sangat lah sulit, awalnya saya kira hanya tiup-tiup aja, eh ternyata salah sob, jangan ditiru ya.

Hal apa yang membuat sulit? Pasti itu pertanyaan para sobat kan?

Saat kita memainkan lagu, kita harus mampu mengingat nada kita sendiri, dan jangan sampai terpengaruh oleh nada tiup lain, agar apa? Agar suara yang ditimbulkan akan menjadi harmonisasi yang sangat bagus.

Jadi jika ada 25 pemain tiup, itu nadanya sudah di bagi masing-masing sesuai dengan kelompoknya sob, namun membahas lagu yang sama, awalnya sulit sih memang, namun berjalan 2 mimnggu semua bisa terlewatkan dan sudah mulai terbiasa dengan pembagian nada seperti ini.

Event

Hal yang selalu ditunggu-tunggu dan dinanti-nanti oleh seluruh unit Marching Band ialah event sob, dengan adanya event ini setiap Marching Band menunjukan kemampuannya. Baik Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan Internasional.

Tak mudah sob untuk menampilkan penampilan yang sangat berkwalitas, perlu latihan yang keras serta ekstra agar seluruh pemain dapat menguasai bahan dengan baik.

Perlu diketahui ya sob, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menikuti event-event besar.

Persiapan

Hal yang paling mendasar ialah persiapan unit sob.

Unit harus bener-bener siap untuk mengikuti event atau tidak, masalahnya sob, kalau seandainya kita sudah daftar lalu pada saat hari H unit kita tidak jadi turun, itu bisa bahaya sob, bisa nama unit kita di coret dari PDBI |( Persatuan Drumband Indonesia ).

Lagu

Dalam setiap event ni sob, ada beberapa lagu yang harus dimainkan oleh setiap unit, baik itu lagu wajib atau lagu bebas, semua tergantung oleh kepanitiaan lagu wajib apa yang harus di bawakan.

Dalam proses pembuatan lagu juga sangatlah sulit sob, harus mempunyai insting yang kuat serta tingkat imajinasi yang tinggi.

Karena lagu perlu diaransemen kembali agar menjadi perpaduan yang indah. Nah kalau urusan lagu  pelatih yang buat ya sob, bukan kita para pemain.

Butuh waktu kurang lebih 1 minggu dalam memainkan lagu yang sudah di aransemen sob, bukan Cuma hanya not-not nada saja yang di hafalkan, namun juga ketukan dan tempo lagu juga harus di perhitungkan.

Yang saya amati sob, dealam memainkan sebuah lagu itu para pemain harus fokus pada ketukan dan tanggung jawab nya sendiri, agar aransemen lagu yang dibawakan menjadi indah.

Display

Bukan hanya ssekedar memainkan alat-alat musik saja sob, yang perlu diperhatikan ialah Display ( Pola Lantai ), sedikit ribet sih, namun tenang sob, kalau dipelajari bakalan mudah kok.

Perlu sobat ketahui ni, display ini juga salah satu mata lomba wajib yang harus diikuti dalam setiap event Marching Band.

Banyak sekali hal yang dinilai dalam mata lomba ini sob, baik itu langkah kaki kita, etitut, sikap saat bermain, dan kwalitas dalam permainan lagu, semua menjadi satu dalam mata lomba ini.

Para sobat pasti sudah tau lah gimana latihannya?

Kalau saya pribadai ya sob, pernah pada saat itu unit saya ikut kejuaraan tingkat Provinsi, mau tau gak sob berapa lama saya latihan?

2 bulan saya dan temen-temen yang lain berlatih. Pagi, siang dan kembali sore, setiap hari itu yang dilakukan.

Semua yang dilakukan itu secara Bersama-sama ya sob, jadi semua merasakan hal yang sama.

Lelah ya sama-sama, makan ya sama-sama, dimarah ya sama-sama juga, hal ini yang gak bisa terlupakan sob. Tapi percayalah semua akan terbayar pada saat di tapak perlombaan.

Hari H

 

Kebayang gak sih sob gimana senang nya saya ketika itu saat sudah berada di tapak perlombaan?, dilihat oleh berjuta pasang mata.

Huhhh. Walaupun saya sudah sering kali tampil, namun pada setiap penampilan memberikan suasana yang berbeda.

Memakai seragam kebanggan, membawa alat, badan ditegakan, dagu dinaikan, tangan di kepalkan, pandangan lurus kedepan, di panggil tidak menoleh kanan-dan kiri.

ya itulah etitut pemain saat sudah dibarisan.

Percaya diri dengan bahan, tanggung jawab, saling percaya dan kuat mental itu adalah kunci utama dalam setiap unit.

Perlu sobat tau ni, pengalaman saya pada saat itu ialah saya sebagai solo, itu artinya ada di tempat tertentu saya bermain alat musik di depan para juri dan penonton.

Kebayang gak sih gimana rasanya?

Gemetar? Iya

Gerogri? Iya juga

Namun untuk menghilangkan semua itu saya tarik nafas panjang dan berusaha untuk rileks agar bisa berjalan dnegan lancar.

Dan alhamdulillah sobat, permainan unit saya pun sudah berjalan dengan lancar dan maksimal.

Suasana harupun tiba-tiba datang dengan sendirinya, ada yang menangis,berpelukan karena sudah berusaha menampilkan yang terbaik di depan para pelatih, juri dan penonton.

Jadi sob, seperti itulah dunia Marching Band yang banyak mengajarkan tentang kebersamaan. Bukan hanya sekedar unit, team dan kelompok, namun ini adalah keluarga .

Pengumuman

Puncak acara akan segera dimulai sob, disinilah semua unit berkumpul untuk menyaksikan apakah  termasuk sebagai golongan juara atau tidak?

Dihadiri kurang lebih 2500 pelajar dan pemain dari segala daerah untuk pergi bertanding dan pulang untuk menang.

Tau gak sob? Hal apa yang membuat kangen pada saat event-event besar seperti ini?

Ya merasaskan dag dig dug nya pengumuman.

Ketka MC telah mengumumkan sebagian juara perdivisi, kini saat nya divisi saya yang diumumkan sob, kebetulan ketika itu yang satu divisi dengan  saya ada 18 unit dari berbagai daerah.

Dan alhamdulillah sob, unit saya mendapatkan juara 2 umum tingkat provinsi.

Rasanya terbayar sudah penat dan segala lelah pada saat mendengar pengumuman tersebut.

Tangis haru dan rasa syukur pun terucap, saling memberikan selamat satu sama lain, bener-bener sob ini pengalaman yang sangat berkesan dan luar biasa.

Ini adalah guru terbaik sepanjang masa yang pernah saya jalani saat itu.

Sedikit motivasi buat para sobat “lakukanlah yang terbaik maka hasilnya tidak akan pernah jauh berbeda dengan usaha yang terbaik”

Terimakasih sobat sudah membaca artikel  saya ini, masih banyak lagi hal-hal yang menarik yang akan saya post kembali, jangan lewatkan keseruannya ya sobat.

Dahhhhhhhhh ……..

0

PASKIBRAKA

mardinata
6 min read

Keluarga Angkatku

mardinata
4 min read

Mengajar

mardinata
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.