Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Model Atom Thomson [Materi Pembelajaran SMA]

1 min read

Model Atom Thomson

Model Atom Thomson-Pada materi sebelumnya kita sudah membahas mengenai persamaan reaksi kimia, nah kali ini saya akan membagikan pengetahuan mengenai model atom thomson. Konsep atom pertama kali dikemukakan oleh seorang kimiawan yang bernama Democritus. Perlu anda ketahui bahwa atom sendiri itu berasal dari kata atomos (dalam bahasa yunani a= tidak, tomos = dibagi).

Jadi dapat disimpulkan bahwa atom merupakan partikel yang sudah tidak dapat dibagi lagi. Menurut Dalton konsep atom Democritus ini tidak bertentangan dengan hukum kekekalan massa dan hukum kekekalan energi.

Hal inilah yang melatar belakangi Dalton untuk membuat teori tentang atom yang salah satunya adalah materi tersusun atas partikel-partikel terkecil yang tidak dapat dibagi kembali.

Untuk memahami materi ini lebih lanjut, simak pembahasan berikut ini ya!

Model Atom Thomson

Thomson ialah seorang fisikawan berkembangsaan Inggris, Ia memperlihatkan bahwa elektron merupakan partikel terkecil sub atomik . Dari penemuannya ini Joseph John Thomson mengemukakan dugaan atau hipotesis sebagai berikut:

Karena elektron bermuatan negatif, sedangkan atom bermuatan listrik netral maka haruslah ada muatan listrik positif yang mengimbangi muatan elektron dalam atom.

Sejarah mencatat bahwa pada tahun 1897 Joseph John Thomson telah berhasil membuktikan dengan menggunakan tabung sinar katode, ia berpendapat bahwa sinar katode adalah berkas partikel yang bermuatan negatif (berkas elektron) yang ada pada setiap materi, maka pada tahun 1898 Joseph John Thomson membuat suatu teori atom.

Model Atom Thomson

 

Penjelasan Gambar:

Gambar diatas menjelaskan bahwa tabung sinar katode dengan medan listrik yang tegak lurus dengan arah sinar katode dan medan magnetik luar. Dapat dilihat bahwa lambang U dan S itu menandakan kutub utara dan kutub selatan magnet.

Dengan demikian sinar katode akan menumbuk ujung tabung di A dengan adanya medan listrik, di C dengan adanya medan listrik, dan B mejelaskan dimana tidak adanya medan luar dan ketika pengaruh medan listrik dan medan magnetik saling menghilangkan.

Ciri-Ciri

Atom terdiri dari materi yang bermuatan positif dan didalamnya tersebar elektron.

Kelebihan Model Atom Thomson

Berikut ini saya akan menjabarkan kelebihan dari model atom thomson, simak baik-baik penjelasannya ya!

  • Dapat membuktikan bahwa elektron terdapat dalam semua unsur
  • Dapat menerangkan sifat listrik atom
  • Membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom.
  • Dapat memastikan bahwa atom tersusun dari partikel yang memiliki muatan positif dan negatif untuk membentuk atom netral.
  • Dapat menerangkan adanya partikel yang lebih kecil dadri atom yang disebut sebagai partiel subatomik.

Kekurangan Model Atom Thomson

Berikut ini akan saya jabarkan mengenai kekurangan dari model atom thomson, simak baik-baik ya!

  • Belum dapat menerangkan bagaimana susunan muatan positif dan jumlah elektron dalam bola.
  • Tidak dapat menerangkan fenomena penghamburan partikel alfa oleh selpaut tipis emas yang dikemukakan oleh Rutherford.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai materi model atom thomson, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dan para pembaca lainnya dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan materi ini.

Selamat mencoba dan mengerjakan.

Salam Generasi Bangsa

Terimakasih.

0
Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *