Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Gugus Fungsi Senyawa Karbon

2 min read

Gugus Fungsi Senyawa karbon

Gugus Fungsi Senyawa Karbon-Sifat senyawa pada senyawa karbon dikarenakan adanya atom atau gugus atom yang menentukan karakteristik senyawa tersebut. Lalu apa itu gugus fungsi? Gugus fungsi adalah atom atau gugus atom yang menentukan sifat dari senyawa karbon. Gugus fungsi ini memiliki sifat yang aktif, ketika senyawa karbon direaksikan dengan zat lain maka gugus fungsinya yang akan mengalami perubahan.

Untuk memahami materi pembelajaran gugus fungsi senyawa karbon yang lebih kompleks, simak pembahasan berikut ini dengan baik ya!

Tabel Senyawa Karbon

Berikut ini adalah tabel dari gugus fungsi senyawa karbon:

Tabel Gugus Fungsi Senyawa Karbon

Alkanol (Alkil Alkohol)

Gugus Fungsi Senyawa KarbonAlkanol atau alkohol merupakan suatu gugus fungsi turunan dari senyawa alkana. Dimana salah satu atom H dalam senyawa akan diganti dengan gugus hidroksil (-OH) . Perlu ada ketahui bahwa berdasarkan jumlah gugus hidroksinya, alkohol dibedakan menjadi dua jenis yaitu, monoalkohol dan polialkohol. Pada monoalkohol itu menandakan memiliki satu gugus -OH, sedangkan polialkohol itu menandakan memiliki lebih dari satu gugus -OH.

  • Contoh monoalkohol = metanol, etanol, dan spirtus
  • Contoh polialkohol = gliserol dan glikol.

Haloalkana (Alkil Halida)

Gugus Fungsi Senyawa KarbonSesuai dengan namanya, haloalkana adalah gugus fungsi yang terbentuk dari senyawa halogen dan alkana. Apabila alkana direaksikan dengan halogen akan terjadi suatu reaksi halogenasi yang menghasilkan haloalkana atau sering disebut juga deNgan sebutan alkil halogenida. Berikut rumus reaksinya

R – H + X2 → R – X + HX

Alkanal (Aldehida)

Gugus Fungsi SenyawaAlkanal dalam tata nama IUPAC atau dalam tata nama senyawa trivalnya sering disebut dengan aldehid adalah suatu gugus senyawa karbon yang memiliki rumus R – COH. Perlu anda ketahui bahwa gugus fungsi ini selalu berada pada ujung rantai pada atom C dan mudah teroksidasi. Dan senyawa ini dihasilkan dari proses oksidasi alkohol primer dengan memakai senyawa KMnO4 atau K2Cr2O7. 

Contoh Aldehida = Pengawet makanan (formalin).

Eter (Alkoksi Alkana)

Contoh Dalam TabelGugus fungsi selanjutnya yaitu alkoksi alkana atau ester. Dalam tata nama IUPAC alkoksi alkana merupakan nama dari senyawa karbon ini. Sedangkan sebutan ester pada senyawa ini merupakan nama trivalnya. Secara umum gugus fungsi ini memiliki rumus R – O – R. Perlu anda ketahui bahwa senyawa ini banyak sekali digunakan dalam kepentingan medis contohnya yaitu obat bius yang sering digunakan untuk menenangkan pasien.

Alkanon (Keton)

Contoh Dalam TabelNama IUPAC dari gugus fungsi ini yaitu alkanon, sedangkan nama trivalnya yaitu keton. Keton terbuat dari melalui reaksi oksidasi alkohol sekunder. Misalnya dalam suatu industri pembuatan proponan digunakan alkohol sekunder dengan oksigen lalu dibantu deNgna bantuan katail tembaga atau sering dituliskan deNgan simbol CU.

Asam Alkanoat (Asam Karbosilat)

Contoh Dalam TabelAsam alkanoat atau sering disebut dengan asam karbosilat adalah suatu gugus fungsi dengan rumus -COOH. Senyawa-senyawa ini banyak sekali ditemui di alam seperti pada hewan semut, cuka, apel, jambu, jeruk dan lain sebagainya. Perlu digaris bawahi bahwa asam alkanoat ini memiliki dua gugus -COOH yang disebut dengan alkandioat sedangkan asam alkonoat yang memiliki tiga gugus -COOH disebut dengan alkanatrioat.

Untuk memberikan nama kepada senyawa-senyawa yang termasuk golongan karbosilat, anda dapat memberikan akhiran -oat dan awalan asam pada nama senyawa nya. Contoh metana menjadi asam metanoat.

Ester (Alkil Alkanoat)

Contoh Dalam TabelEster atau alil alkanoat merupakan senyawa karbon yang mengikat gugus fungsi -COOR yang termasuk kedalam golongan ester (sebutan nama trivalnya) ataui alkil alkanoat (penamaan pada IUPAC). Perlu diketahui bahwa senyawa ini memiliki isomer fungsi dengan asam karbosilat, mengapa demikian? Karena keduanya memiliki rumus molekul yang sama. Ester dibuat dengan mereaksikan asam karbosilat dengan alkohol dibantu katalis asam sulfat.

Contoh dari ester ialah asam asetat, metanol dan metil asetat.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai gugus fungsi senyawa karbon, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan materi ini.

Selamat mencoba dan mengerjakan

Terimakasih.

0
Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *