Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli [Materi Pembelajaran Ekonomi SMA]

3 min read

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Ekonomi merupakan salah satu ilmu yang berhubungan dengan kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Disini Mardinata.com akan membahas pengertian ekonomi menurut para ahli.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian ekonomi simak pembahasan berikut ini dengan baik ya!

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

1. Menurut M. Manulang

Salah satu pendapat mengenai ilmu ekonomi yaitu menurut M. Manulang. Ia berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang memiliki keinginan mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai sebuah kemakmuran untuk masyarakat.

Ia berpendapat juga bahwa kemakmuran merupakaan keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik itu dalam bentuk barang ataupun jasa.

2. Menurut Richard G. Lipsey

Menurut Ahli ekonomi ya g kedua yaitu Richard G. Lipsey, Ia mengemukakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka, yang nantinya akan digunakan oleh manusia yang tidak terbatas.

3. Menurut Adam Smith

Ilmu ekonomi menurut Adam Smith, Ia mengemukakan bahwa ekonomi merupakan ilmu sistematis yang di dalamnya mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

4. Menurut Von Neumann dan Mogenstern

Menurut ahli ekonomi yang bernama Von Neumann dan Mogenstern mereka berpendapat bahwa ekonomi merupakan suatu perihal yang sangat disiplin yang sangat sayang apabila tidak diperlakukan dengan baik atau istilahnya dengan ilmiah. Mengapa demikian?

Ya, karena para tokoh terkemuka yang sibuk mengurus berbagai solusi untuk menghadapi masalah mendesak pada zaman itu.

5. Menurut Aristoteles

Pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli selanjutnya yaitu menurut Aristoteles. Ia berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan suatu cabang yang dapat digunakan melalui 2 jalan, yaitu nilai pemakaian dan pertukaran. Kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan juga untuk ditukarkan dengan barang.

6. Pengertian Ekonomi Menurut Alfred Marshall

Menurut Alfred Marshall ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia sehari-hari.

7. Menurut Samuekon

Berikutnya pengertian ekonomi menurut Samuekon. Ia berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi yang menganalisis kerugian dan keuntungan atau istilahnya laba rugi yang bertujuan untuk meningkatkan pola-pola tertentu dalam pemakaian sumber daya.

8. Menurut Khursid Ahmad

Khursid Ahmad berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan suatu upaya sistematis yang mencoba untuk memahami persoalan-persoalan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungan yang berkaitan dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang Islam.

9. Pendapat J. M. Keynes

Pengertian ekonomi menurut para ahli berikutnya dari J. M. Keynes. Ia memiliki pendapat mengenai ilmu ekonomi, Ia mengatakan bahwa ilmu ekonomi merupakan suatu teknik berpikir yang mempunyai kegunaan untuk mempertimbangkan sejumlah biaya serta bagian dari keuntungan.

10. Menurut Suherman. R

Selanjutnya yaitu pengertian ilmu ekonomi menurut Suherman. R. Beliau mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang sangat berkontribusi untuk memberikan penjelasan tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai sebuah kesejahteraan.

11. Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Amwal

Amwal berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu yang menjelaskan mengenai bagaimana cara untuk mengambil suatu keputusan yang efektif dalam mengelola sumber daya yang ada, hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan individu atau masyarakat.

12. Menurut Prof. Paul Anthony Samuelson

Pengertian ilmu ekonomi menurut Prof. Paul Anthony Samuelson sangatlah sederhana, Ia berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan suatu studi yang membahas tentang manusia dalam kegiatan sehari-hari untuk mendapat dan menikmati kehidupan.

13. Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tolisson

Pengertian ilmu ekonomi selanjutnya berasal dari pendapat Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tolisson. Mereka berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat memiliki keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memuaskan keinginan mereka.

14. Menurut Penson

Pengertian ilmu ekonomi selanjutnya yaitu menurut pendapat dari Penson. Ia mengutarakan bahwa ilmu ekonomi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang selalu mendalami mengenai kesejahteraan material yang ada pada setiap diri manusia.

15. Lionel Robbins

Menururt Lionel Robbins ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang didalamnya mempelajari perilaku manusia sebagai kaitan antara tujuan dan sarana yang jarang (langka) yang memiliki banyak alternatif kegunaan.

16. Pendapat N. Gregory Mankiw

Menurut seorang ahli yang bernama N. Gregory Mankiw ilmu ekonomi adalah suatu studi untuk mengetahui bagai mana cara masyarakat dalam mengelola sumber-sumber daya yang langka yang tersedia oleh alam.

17. Pendapat Case and Fair

Menurut seorang ahli yang bernama Case and Fair ilmu ekonomi adalah seuatu studi yang membahas mengenai bagaimana individu dan masyarakat mengambil pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka yang sudah tersedia oleh alam sekitar dengan generasi sebelum-sebelumnya.

18. Menurut Alfred. W

Pengertian ilmu ekonomi selanjutnya yaitu berasal dari pendapat seorang ahli yang bernama Alfred. W. Ia mengemukakan bahwa ilmu ekonomi dibagi atas 3 bagian atau kelompok.

Berikut ini kelompok ekonomi menurut Alfred. W.

  • Ekonomi Deskriptif
  • Teori Ekonomi
  • Ilmu Ekonomi Terapan.

19. Ilmu Ekonomi Menurut M. Akram Khan

M. Akram Khan berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang tujuannya untuk mempelajari kesejahteraan manusia (falah) yang dicapai dengan cara mengorganisir sumber daya yang ada di bumi mengenai dasar kerjasama dan partisipasi.

20. Ilmu Ekonomi Pendapat Louis Cantori

Pengetian ilmu ekonomi menurut Louis Country ini sedikit berbeda dengan para ahli-ahli yang lain. Ia berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah suatu permasalahan yang menjamin berputarnya harta diantara sesama manusia, sehingga manusia dapat memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia dan di akhirat.

21. Menurut Edwin Cannan

Edwin Cannan berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan salah satu studi yang tujuannya untuk menerangkan faktor-faktor umum yang menentukan kebijakan material.

22. Menurut A. C. Pigou

Ahli ini berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan salah satu kajian untuk menambah jumlah pegeluaran untuk meningkatkan taraf hidup.

23. Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Abraham Maslow

Ia berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan salah satu bidang pengkajian dimana ilmu ini berusaha untuk menyelesaikan permasalahan atas keperluan manusia melalui berbagai sumber ekonomi yang sudah ada dengan beberapa dasar.

Yaitu kepada teori dan prinsip tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang sudah dianggap efektif dan efisien.

24. Menurut Frank Knight

Frank Knight berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu atau studi yang membahas mengenai bagaimana cara menindak lanjutkan hubungan yang terkait dengan segala hal yang bersifat ekonomis.

25. Ilmu Ekonomi Menurut J. Van Zwijnregt

Ia mengemukakan bahwa ilmu ekonomi merupakan suatu cabang ilmu atau studi pengetahuan yang didalamnya mempelajari setiap usaha untuk tercapainya suatu kemakmuran.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Ilmu Ekonomi menurut para ahli, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dan para pembaca untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan materi ini.

Selamat membaca.

Salam Generasi Bangsa.

Terimakasih.

0
Dedek Bambang Suwito Air Tenang Menghanyutkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *