Pembahasan Rumus Molekul Senyawa

3 min read

Rumus Molekul Senyawa

Rumus Molekul Senyawa-Rumus molekul merupakan sebuah kelipatan-kelipatan dari rumus empiris. Rumus molekul ini menyatakan jenis dan jumlah atom yang sebenarnya didalam molekul suatu senyawa. Yang perlu anda lakukan untuk menentukan rumus suatu zat dapat dilakukan dengan cara menuliskan lambang kimia di setiap unsur yang ada pada molekul dan jumlah atom secara subscript dituliskan di kanan lambang kimia unsur. 

Untuk mengetahui rumus molekul senyawa dari rumus empiris adalah dengan mengetahui terlebih dahulu massa molekul relatif. Untuk lebih memahami materi ini simak pembahasan berikut ini ya!

Cara Menentukan Rumus Molekul

Dalam menentukan rumus molekul dan empiris ada tata nama senyawa yang harus diperhatikan. Rumus molekul merupakan rumus kimia yang menyatakan jenis dan jumlah atom yang membentuk molekul senyawa, sedangkan rumus empiris merupakan rumus paling sederhana dengan perbandingan mol atom dari unsur-unsur penyusun senyawa tersebut. Sebagai contoh rumus molekul dengan rumus empiris dapat dilihat dalam tabel berikut.

NoNama SenyawaRumus MolekulRumus Empiris
1EtanaC2H6CH3
2EtenaC2H4CH2
3EtunaC2H2CH
4ButanaC4H10C2H5
5BenzenaC2H6CH
6Asam OksalatC2H2O4CHO2
7GlukosaC6H12O6CH2O
8AmoniaNH3NH3
9Karbon dioksidaCO2CO2
10AirH2OH2O

Semua senyawa pasti memiliki rumus empiris. Senyawa molekul mempunyai rumus molekul dan rumus empiris. Secara umum banyak senyawa yang rumus molekul nya. sama dengan rumus empiris nya, sebagai contoh yaitu air (H2O). Namun, pada senyawa ion hanya mempunyai rumus empiris, contoh: garam dapur (NaCl).

Hubungan antara massa molekul relatif (Mr) dengan rumus empiris yaitu sebagai berikut:

Mr = (Cx Hy )n

Hubungan rumus molekul dengan rumus empiris yaitu sebagai berikut.

RM = (RE)n

Senyawa hidrat merupakan senyawa yang dapat mengikat air.

n merupakan bilangan yang memiliki hubungan dengan masa molekul relatif (Mr) dari rumus kimia senyawa. Apabila Mr dari rumus empiris dikalikan dengan n, maka akan mendapatkan Mr rumus molekul nya. Perlu anda ketahui bahwa ini adalah konsep yang digunakan sebagai acuan untuk menentukan rumus molekul dari rumus empiris nya.

Contoh:

  • CaCl2 . 7H2O
  • Na2CO3 . 10H2O
  • Fe2O3 . 3H2O
  • Al2CO3 . 2H2O
  • CaSO. 2H2O

Rumus Empiris

Rumus empiris menyatakan rasio perbandingan terkecil dari atom-atom pembentuk senyawa, bukan menyatakan sebuah senyawa atau suatu zat. Berikut ini salah satu contoh penjabarannya.

  • Natrium klorida adalah senyawa ion yang terdiri atas ion Na+ dan ion Cldengan perbandingan 1 : 1. Rumus kimia natrium klorida NaCl.
  • Kalsium klorida adalah suatu senyawa ion yang tersusun atas ion Ca2+dan ion Cl dengan perbandingan 2 : 1. Rumus kimia kalsium klorida CaCl2.

Rumus Molekul

Rumus molekul merupakan suatu rumus yang menyatakan jumlah atom nya dari unsur-unsur yang menyusun satu zat senyawa. Secara singkatnya, rumus molekul menyatakan susunan sebenarnya dari molekul suatu zat.

  • Rumus molekul air H2O yang menujukan bahwa dalam satu zat molekul air terdapat dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.
  • Rumus molekul glukosa C6H12O6 yang menunjukan bahwa dalam satu molekul glukosa terdapat 6 atom karbon, 12 atom hidrogen, dan 6 atom oksigen.

Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa hubungan antara rumus molekul dengan rumus empiris adalah rumus molekul merupakan kelipatan dari rumus empiris.

Langkah-langkah Menentukan Rumus Molekul dan Rumus Empiris

Rumus Molekul dan Rumus Empiris
pixabay.com

Anda perlu mengetahui bagaimana sih langkah-langkah dalam menentukan suatu rumus, baik itu rumus molekul atau pun rumus empiris? Berikut ada beberapa tahapan yang dapat anda gunakan untuk menentukan rumus molekul senyawa.

Ada 5 poin penting yang anda wajib ketahui dalam menentukan rumus molekul senyawa. Berikut ini penjelasan mengenai langkah-langkah dalam menentukan rumus molekul dan rumus empiris.

  • Menghitung perbandingan mol
  • Mencari nilai perbandingan massa unsur
  • Mencari nilai perbandingan jumlah atom
  • Menentukan rumus empiris
  • Menentukan rumus molekul

Untuk lebih jelas dan lebih memahami materi pembelajaran menentukan rumus molekul dan rumus empiris. Berikut ada beberapa contoh soal yang wajib anda pahami agar anda dapat menjawab persoalan-persoalan yang berkaitan dengan rumus molekul senyawa.

Contoh Soal Menentukan Rumus Molekul dan Pembahasan

Berikut ini pembahasan mengenai contoh soal dari rumus empiris dan rumus molekul. Simak dengan baik ya!

1.Suatu senyawa memiliki nilai empiris (NO2)n. Jika diketahui nilai Mr senyawanya sebagai berikut (Ar : N = 14, O = 16), bagaimanakah rumus senyawa molekul tersebut?

Penyelesaian:

Dik:

  • Rumus empiris (NO2)n
  • Mr = 92
  • Ar : N = 14, O = 16

Dit: Rumus molekul?

Jawab:

(NO2)n = 92

(Ar N + 2. aAr O)n = 92

(14 + 2.16)n= 92

n = 92  /46

n = 2

Rumus Molekul = (NO2)2

= N2O2.

Jadi rumus molekul senyawa berikut adalah N2O2.


2. Diketahui suatu senyawa memiliki sutu rumus empiris CH2O. Jika sebanyak 4,2 gram senyawa diuapkan pada 435 k dan 1 atm. diperoleh volume uap sebesar 2,5 liter. Tentukanlah rumus molekul senyawa tersebut.

Penyelesaian:

Dik:

  • m = 42
  • T = 435 K
  • P = 1 atm
  • V = 2,5 Liter

Dit: Rumus Molekul?

Jawab:

mengansumsikan senyawa dengan persamaan gas ideal

n = PV / RT

n = 1 x 2,5 / 0,082 x 435

n = 0,07 mol.

Menentukan massa molekul relatif (Mr)

Mr = 1 / 0,07 mol x 4,2 gram

Mr = 60 gram / mol.

Massa molekul relatif adalah kelipatan dari massa rumus empiris. Pada rumus empiris sudah diketahui bahwa senyawa tersusun atas satu atom C, dua atom H dan satu atom O. Maka akan didapat,

Mr = n x (Ar C + 2 Ar H + Ar O)

60 = n x (12 + 2 + 16)

60 = n x 30

n = 2

Dengan n = 2, rumus molekul senyawa tersebut adalah

2 x (CH2O) = C2H4O2

Jadi, rumus molekul pada CH2O adalah = C2H4O2.


Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai rumus molekul senyawa, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dan para pembaca lainnya dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan materi ini.

Selamat mencoba dan mengerjakan

Terimakasih

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.